KM Liberty 1 Tenggelam di Perairan Bali Utara, 6 ABK Selamat, 9 Lainnya Belum Ditemukan

Selasa, 26 Oktober 2021 – 22:46 WIB
KM Liberty 1 Tenggelam di Perairan Bali Utara, 6 ABK Selamat, 9 Lainnya Belum Ditemukan - JPNN.com Bali
Tim Rescue dari Basarnas Bali diatas geledak KN Arjuna mencari ABK KM Liberty yang tenggelam di perairan Bali Utara. (Istimewa

bali.jpnn.com, DENPASAR - Petaka datang dari perairan Bali Utara.

KM Liberty I yang lepas sandar dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jumat 22/10) dini hari pukul 00.07 WIB tenggelam di perairan Bali Utara, Sabtu (23/10) malam pukul 22.07 Wita.

Kapal berjenis kargo tujuan Reo, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) tenggelam karena dihantam badai di tengah laut.

Nakhoda kapal diduga salah saat mengubah haluan dari timur menuju  barat, sehingga membuat posisi kapal miring dan tenggelam.

“Seluruh awak kapal kemudian meloncat dan menyelamatkan diri menggunakan jaket penyelamat dan melepaskan 2 buah liferaft ke laut," ujar Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Denpasar (Basarnas Bali) Gede Darmada dalam siaran persnya yang diterima JPNN.com, Selasa (26/10) malam.

Insiden tenggelannya kapal kargo ini baru diketahui sehingga upaya evakuasi baru dilakukan.

Gede Darmada menegaskan, Basarnas Bali langsung mengerahkan Kapal Negara SAR Arjuna 229 dengan 17 orang ABK dan 5 orang tim Rescue menuju titik penyelamatan, Senin kemarin (25/10).

Dari hasil pencarian sejak Senin kemarin,  lanjut Gede Darmada, tim berhasil menemukan 6 ABK yang mengapung di perairan.

KM Liberty 1 dilaporkan tenggelam di Perairan Bali Utara. Basarnas Bali melaporkan 6 ABK ditemukan selamat, sementara 9 lainnya belum ditemukan