Respons Mahfud MD di Kampus Unud Bali Tegas, Lukas Enembe Tolong Dengar

Jumat, 30 September 2022 – 20:30 WIB
Respons Mahfud MD di Kampus Unud Bali Tegas, Lukas Enembe Tolong Dengar  - JPNN.com Bali
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD saat menghadiri acara penerimaan penghargaan "Udayana Award" dari Universitas Udayana, di Badung, Bali, Jumat (30/9). Foto: ANTARA/HO-Humas Universitas Udayana Bali

bali.jpnn.com, DENPASAR - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menjamin pemeriksaan Lukas Enembe sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku,

Mahfud MD, bahkan akan memberikan perlindungan hukum kepada Gubernur Papua tersebut jika terbukti tidak bersalah.

Respons Mahfud MD saat menerima penghargaan Udayana Award dari Universitas Udayana (Unud) terungkap terkait keengganan Lukas Enembe memenuhi panggilan penyidik KPK.

 "Jika memang tidak ada penyalahgunaan, saya menjamin dia tidak akan diapa-apakan, tidak akan diadukan ke pengadilan, tetapi klarifikasi terlebih dahulu," kata Menkopolhukam Mahfud MD di Badung di Kampus Unud, Badung, Bali, Jumat (30/9).

Mahfud MD menyarankan Lukas Enembe mempertanggungjawabkan asal muasal harta kekayaannya kepada pihak berwajib, termasuk misalnya apakah ada kepemilikan saham pada perusahaan tambang emas Tolikara.

"Ya, tinggal dijelaskan saja. Hukum itu kan gampang kalau sama-sama baik dan tidak ada rekayasa politik," ujar Mahfud MD.

Ia menyatakan dengan tegas bahwa pemeriksaan Lukas Enembe atas dugaan korupsi merupakan murni kasus hukum, tidak ada kaitannya dengan situasi politik menjelang pemilu yang sekarang ramai dibicarakan banyak pihak.

Lukas Enembe terjerat kasus dugaan tindak pidana korupsi suap dan gratifikasi dalam pengerjaan proyek yang bersumber dari APBD Provinsi Papua.

Respons Menkopolhukam Mahfud MD di Kampus Unud Bali Jumat (30/9) tegas, Gubernur Papua Lukas Enembe tolong dengar
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News