95 Anggota NII Bali Ikrar Setia NKRI, Kombes Widhiarto Ungkap Fakta Ini

Rabu, 10 Agustus 2022 – 07:15 WIB
95 Anggota NII Bali Ikrar Setia NKRI, Kombes Widhiarto Ungkap Fakta Ini - JPNN.com Bali
Ilustrasi - Densus 88 mengamankan terduga pelaku teror yang melibatkan kelompok NII. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

bali.jpnn.com, DENPASAR - Sebanyak 95 anggota Negara Islam Indonesia (NII) di Bali mengikrarkan janji sumpah setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Mereka berjanji menghapus kesetiaan pada ideologi NII di Aston Denpasar Hotel dan Convention Center, Bali, Selasa kemarin (9/8).

Kasatgas Wilayah Bali Densus 88 Polri Kombes Ketut Widhiarto mengatakan kegiatan merangkul masyarakat Indonesia yang meninggalkan NKRI dan Pancasila berdasarkan perintah UU Nomor 5 Tahun 2018.

"Kita sebut ini sebagai pendekatan persuasif terorisme yang dinilai lebih efisien dan humanistik," kata Kombes Ketut Widhiarto.

Menurutnya, Densus 88 menjunjung tinggi tiga prinsip pendekatan persuasif, yakni prinsip kesetaraan, membangun kepercayaan dan keberlanjutan.

"Prinsip ketiga inilah yang kita junjung dalam kegiatan ini, yakni melakukan pendekatan wawasan kebangsaan yang memiliki efek keberlanjutan," ujar perwira menengah Polri ini.

Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri pada 12 April 2022 memperkirakan bahwa anggota dalam kelompok NII mencapai 1.125 ribu orang.

Ada tiga poin utama deklarasi pernyataan sikap eks anggota NII Bali yang berlangsung di Denpasar, yakni setia kepada NKRI, Pancasila, dan UUD 1945.

95 anggota Negara Islam Indonesia Bali ikrar setia dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Kombes Ketut Widhiarto ungkap fakta ini
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News