BNN Ungkap Kartel Kokain Amerika Latin Bidik Pasar Indonesia, Sentil Kolombia

Minggu, 26 Juni 2022 – 06:08 WIB
BNN Ungkap Kartel Kokain Amerika Latin Bidik Pasar Indonesia, Sentil Kolombia - JPNN.com Bali
Kabiro Humas dan Protokol BNN RI Brigjen Sulistyo Pudjo Hartono memberikan keterangan kepada awak media kemarin. (Sentot Prayogi/JPNN.com)

bali.jpnn.com, DENPASAR - Sejumlah negara di kawasan Amerika Latin mulai membidik Indonesia untuk dijadikan salah satu negara tujuan peredaran narkotika jenis kokain.

Kekhawatiran ini dibuktikan dengan terungkapnya sejumlah kasus mencolok peredaran kokain di Tanah Air.

Kokain yang diselundupkan masuk ke wilayah Indonesia itu diyakini berasal dari negara-negara latin yang merupakan penghasil utama narkotika jenis kokain.

Kondisi memprihatinkan ini memaksa Badan Narkotika Nasional (BNN) RI makin mengencangkan sabuk penangkal.

"Kita dengan Kolombia (dan negara-negara latin, red) banyak melakukan kerja sama," kata Kabiro Humas dan Protokol BNN RI Brigjen Sulistyo Pudjo Hartono di Denpasar, Sabtu (25/6) kemarin.

Brigjen Sulistyo Pudjo Hartono menyebut peredaran narkotika jenis kokain kian masif di Indonesia.

Belum lama ini, kata dia, TNI Angkatan Laut (AL) menggagalkan upaya penyelundupan 117 kilogram kokain di perairan Selat Sunda.

Merespons temuan tersebut, sejumlah petinggi BNN RI langsung terbang menyambangi beberapa negara di kawasan benua Amerika bagian selatan tersebut.

BNN RI mengungkap kartel kokain dari Amerika Latin mulai dari Kolombia, Panama, Ekuador dan Argentina membidik pasar Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News