Update TKA Tiongkok Berseragam Militer, Ini Temuan Imigrasi dan TNI

Rabu, 20 April 2022 – 11:04 WIB
Update TKA Tiongkok Berseragam Militer, Ini Temuan Imigrasi dan TNI - JPNN.com Bali
Tangkapan layar terlihat seorang tenaga kerja asing (TKA) terekam video warga mengenakan seragam diduga mirip militer di sekitar lokasi pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) 3-4 Nagan Raya, di Desa Suak Puntong, Kecamatan Kuala Pesisir, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, Senin (18/4). Ilustrasi Foto: ANTARA/Teuku Dedi Iskandar

bali.jpnn.com, MEULABOH - Keberadaan sejumlah tenaga kerja asing (TKA) Tiongkok yang viral mengenakan seragam militer saat bekerja akhirnya terkuak.

Temuan Imigrasi dan TNI AD, video berdurasi tujuh detik yang memperlihatkan TKA Tiongkok  memakai seragam ala militer bukanlah tentara China.

"Seragam militer yang dipakai oleh seorang TKA di proyek pembangunan PLTU Nagan Raya Aceh itu merupakan pakaian buruh di negara China," kata Kepala Kantor Imigrasi Non Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Azhar.

Azhar mengatakan fakta tersebut diperoleh setelah pihak Imigrasi Meulaboh melakukan koordinasi dengan Kodim 0116/Nagan Raya, Aceh serta sejumlah pihak terkait lainnya.

Menurut Azhar, seragam ala militer yang sebelumnya dipakai oleh seorang TKA asal Tiongkok di lokasi pembangunan PLTU 3-4 Nagan Raya, di kawasan Desa Suak Puntong, Kecamatan Kuala Pesisir, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh dibawa dari negara asal TKA saat akan bekerja ke Indonesia.

Namun, kemudian seragam militer tersebut pada Minggu (17/4) lalu dipakai oleh seorang TKA dan kemudian direkam oleh seorang temannya, sehingga kemudian menjadi viral di sosial media.

“Imigrasi Meulaboh bersama Kodim 0116 Nagan Raya, Aceh, telah mengingatkan manajemen perusahaan yang membawa TKA tersebut bekerja ke Indonesia agar tidak lagi mengenakan seragam yang mirip dengan pakaian militer,” ujar Azhar.

Menurut Azhar, peringatan ini agar nanti tidak menimbulkan penafsiran negatif dari masyarakat dan mencegah terjadinya opini negatif di masyarakat. (antara/lia/jpnn)

Update tenaga kerja asing (TKA) Tiongkok berseragam militer di proyek PLTU Nagan Raya Aceh, ini temuan Imigrasi dan TNI

Redaktur & Reporter : Ali Mustofa

Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News