Begini Kisah Perjuangan Dua WNA di Bali Pindah Kewarganegaraan Jadi WNI, Semangat

Kamis, 30 Desember 2021 – 14:13 WIB
Begini Kisah Perjuangan Dua WNA di Bali Pindah Kewarganegaraan Jadi WNI, Semangat - JPNN.com Bali
Dua warga negara asing (WNA) bernama Indra Jonas Rapp asal Jerman dan Michael Romeo Lorenti asal Amerika Serikat sah menjadi warga negara Indonesia (WNI) setelah menandatangani berita acara Pengambilan Sumpah Kewarganegaraan, di Kantor KemenkumHAM Bali, Denpasar, Bali, Senin (22/03/2021). ANTARA/HO-Humas KemenkumHAM Bali.

bali.jpnn.com, DENPASAR - Setiap perjuangan membutuhkan pengorbanan.

Itu juga yang dilakukan dua warga negara asing (WNA) di Bali yang berjuang pindah kewarganegaraan jadi warga negara Indonesia (WNI).

Keduanya butuh waktu bertahun-tahun sebelum diambil sumpahnya menjadi WNI.

Keduanya, masing-masing Michael Romeo Lorenti Jr asal Amerika Serikat, yang sudah diambil sumpahnya sebagai WNI pada 22 Maret 2021 lalu.

Michael Romeo sendiri mengajukan permohonan pewarganegaraan sejak dua tahun lalu, tepatnya pada 11 Desember 2018 silam.

Warga naturalisasi lainnya yang bersamaan diambil sumpahnya pada 22 Maret 2021 yakni Indra Jonas Rapp asal Jerman, yang mengajukan naturalisasi pada 6 Mei 2019.

Lamanya proses naturalisasi warga asing di Bali lantaran Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Bali, sebagai instansi pintu masuk pengajuan kewarganegaraan Indonesia tak ingin gegabah.

Proses panjang harus dilalui WNA yang mengajukan permohonan pewarganegaraan atau naturalisasi di Kanwil Kemenkumham Bali.

Perjuangan WNA di Bali pindah kewarganegaraan jadi WNI berjalan tidak mudah. Butuh waktu bertahun-tahun sebelum diambil sumpah jadi WNI
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News