Wagub Cok Ace Akui Thailand Jadi Saingan Berat Bali Gaet Turis Asing, Hhmmm

Selasa, 02 November 2021 – 06:14 WIB
Wagub Cok Ace Akui Thailand Jadi Saingan Berat Bali Gaet Turis Asing, Hhmmm - JPNN.com Bali
Pantai Phuket yang mati sejak meledaknya pandemi COVID-19 kini kembali didatangi wisatawan asing yang berkunjung ke Thailand. Foto: Reuters

bali.jpnn.com, DENPASAR - Menurut Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati alias Cok Ace, Thailand menjadi negara kawasan yang menjadi saingan berat Pulau Dewata menggaet turis asing di masa pandemi covid-19.

Penyebabnya, negeri gajah putih itu tidak memberlakukan syarat karantina untuk turis asing seperti yang diberlakukan di Bali.

Turis asing cenderung lebih tertarik mendatangi pusat-pusat wisata di Thailand seperti Phuket, dibanding Bali karena masih ada prosedur karantina selama lima hari.

"Dalam webinar kita sering singgung, kita kasih bayangan bagaimana negara-negara lain seperti Thailand zero karantina, dan itu jadi saingan terberat bagi kita.

Masalah ini sudah kita sampaikan (ke pusat)," ungkap Wagub Cok Ace di gedung DPRD Bali, Senin kemarin (1/11).

Sebagai catatan, turis asing mulai berdatangan ke Thailand lantaran negeri berbentuk kerajaan tersebut tidak memberlakukan syarat karantina Covid-19 untuk pengunjung yang telah divaksin mulai 1 November 2021.

Langkah itu merupakan bagian dari upaya menghidupkan kembali ekonomi Thailand yang luluh lantah setelah dilanda pandemi.

Wagub Cok Ace mengatakan, Pemprov Bali sebenarnya telah memohon ke pemerintah pusat supaya karantina di Bali dapat dipercepat, yakni selama tiga hari.

Wagub Bali Cok Ace mengakui Thailand jadi saingan berat Bali untuk menggaet turis asing. Kebijakan zero karantina jadi penyebabnya