Turis ASEAN Pasar Menjanjikan Bali, Angkanya Bikin Semringah

Sabtu, 08 April 2023 – 11:46 WIB
Turis ASEAN Pasar Menjanjikan Bali, Angkanya Bikin Semringah - JPNN.com Bali
Sejumlah turis asing antre membayar fasilitas Visa on Arrival (VoA) di terminal kedatangan internasional Bandara Gusti Ngurah Rai, Bali. Foto: ANTARA/HO-Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali

bali.jpnn.com, DENPASAR - Akses transportasi udara yang menghubungkan Bali dengan negara anggota ASEAN menjadi tumpuan pertumbuhan sektor pariwisata Pulau Dewata.

Menurut Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Bali Hanif Yahya, kemudahan dari sisi transportasi udara dari ASEAN ke Bali dan sebaliknya menjadi salah satu syarat utama mendongkrak kunjungan turis asing.

“Wisatawan dari negara lain perlu usaha dan biaya lebih tinggi.

Kalau dari kawasan ASEAN yang lebih dekat tentu ini diharapkan menjadi sumber devisa Bali lebih besar,” kata Hanif Yahya.

Transportasi udara juga membuka peluang ekspor dari Bali ke pasar ASEAN dan sebaliknya, kian terbuka lebar.

“Kemudahan bagi wisatawan berkunjung ke Bali bisa terpenuhi termasuk aliran ekspor dan impor juga bisa lebih cepat dilaksanakan,” ujar Hanif Yahya.

Berdasarkan data BPS Bali, kedatangan turis asing ke Bali pada 2022 mencapai 2,15 juta orang atau meningkat signifikan dibandingkan 2021 mencapai hanya 51 orang.

Kenaikan signifikan ini dampak longgarnya aturan pembatasan perjalanan udara seiring terkendalinya kasus Covid-19.

Turis negara-negara ASEAN jadi pasar menjanjikan bagi industri pariwisata Bali, angkanya bikin semringah
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News