Kalimat Luhut Pandjaitan Tegas, Bali Tidak Butuh Turis Nakal

Jumat, 10 Maret 2023 – 06:59 WIB
Kalimat Luhut Pandjaitan Tegas, Bali Tidak Butuh Turis Nakal - JPNN.com Bali
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) RI Luhut Binsar Pandjaitan memberi keterangan kepada media terkait ulah nakal turis asing yang berlibur di Bali di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Kesiman Kertalangu, Denpasar, Kamis (9/3). Foto: ANTARA/Genta Tenri Mawangi

bali.jpnn.com, DENPASAR - Ulah sebagian turis asing yang melabrak aturan selama berlibur ke Bali terdengar sampai ke telinga Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Luhut Pandjaitan dengan tegas mengatakan Bali tidak membutuhkan turis nakal yang nekat melanggar aturan karena hanya akan mengganggu ketertiban di Pulau Dewata.

“Jadi, mengenai turis (bermasalah), kami sudah bicara dengan Pak Gubernur (Wayan Koster) turis-turis yang nakal itu tidak diperlukan di Bali.

Kalau Bali ini dikotori turis-turis yang nakal dan banyak sampah, itu akan merusak Bali,” kata Luhut Pandjaitan kemarin.

Luhut memastikan pemerintah pusat mendukung seluruh langkah dari Pemerintah Provinsi Bali untuk menertibkan wisatawan asing yang melanggar aturan hukum, serta norma yang berlaku di Pulau Dewata.

“Pak Gubernur sudah tahu apa yang akan dia buat,” ujar Luhut Pandjaitan.

Dalam beberapa bulan terakhir, kasus WNA dan turis asing yang bermasalah menjadi sorotan publik terutama mereka yang melanggar aturan hukum di Indonesia.

Pelanggaran yang dilakukan beragam jenis, mulai dari mengendarai motor tanpa kelengkapan surat dan helm, berkendara ugal-ugalan, membuat KTP palsu, dan menyalahgunakan izin tinggal dan bekerja secara ilegal.

Kalimat Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan tegas. Menurut Luhut Pandjaitan, industri pariwisata Bali tidak membutuhkan turis nakal
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News