Air di Bali, Yayasan Puri Kauhan Ubud Luncurkan Program Istimewa di Tukad Oos

Kamis, 17 Maret 2022 – 16:41 WIB
Air di Bali, Yayasan Puri Kauhan Ubud Luncurkan Program Istimewa di Tukad Oos - JPNN.com Bali
Koordinator Staf Khusus Presiden RI AAGN Ari Dwipayana selaku Ketua Yayasan Puri Kauhan Ubud (tengah), menghadiri peluncuran Program Pemuliaan Air di hulu Sungai Tukad Oos, Bali, Rabu (16/3/2022). Foto: ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

bali.jpnn.com, UBUD - Yayasan Puri Kauhan Ubud meluncurkan Program Pemuliaan Air di hulu Sungai Tukad Oos, Bali, Rabu (16/3).

Sebagaimana keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (17/3), Koordinator Staf Khusus Presiden AAGN Ari Dwipayana selaku Ketua Yayasan Puri Kauhan Ubud menuturkan bahwa acara ini merupakan awal dari sebuah langkah besar untuk menginisiasi gerakan kesadaran dalam menjaga, mengonservasi dan memuliakan air.

“Dunia saat ini menghadapi sebuah ancaman yang sangat dahsyat. Ancaman pemanasan global, yang dampaknya sangat luar biasa bagi kita semua, termasuk eksistensi peradaban kita ke depan,” ujar Ari Dwipayana.

Ari mengatakan bahwa bangsa Indonesia tidak boleh pasrah dan berpangku tangan menghadapi ancaman itu.

Edukasi, literasi dan advokasi kesadaran lingkungan harus terus digerakkan.

Yayasan Puri Kauhan Ubud menerapkan penataan ekosistem secara holistik-terintegrasi berdasarkan kearifan lokal dan budaya.

“Konservasi air harus terintegrasi dari hulu sampai hilir, sebagaimana muncul dalam konsep Segara-Wukir. Segara-Gunung,” kata Ari.

Lebih lanjut, Ari memaparkan bahwa susastera dan budaya Bali yang kaya nilai-nilai konservasi lingkungan, tak cukup untuk sekadar dibanggakan dan dijalani sebagai ritual keagamaan.

Nasib air di Bali terancam, Yayasan Puri Kauhan Ubud luncurkan program istimewa di Tukad Oos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News