MotoGP Zero Down Time Seperti World Superbike, Begini Rupanya

Senin, 10 Januari 2022 – 09:09 WIB
MotoGP Zero Down Time Seperti World Superbike, Begini Rupanya - JPNN.com Bali
Foto udara Sirkuit Pertamina Mandalika, di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, NTB. Foto: ANTARA/HO-PLN.

bali.jpnn.com, MATARAM - World Superbike (WSBK) akan menjadi contoh untuk ajang MotoGP pada 13 - 15 Februari 2022.

PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Barat mempersiapkan infrastruktur ketenagalistrikan di beberapa lokasi untuk mendukung keandalan pasokan listrik menjelang tes pramusim MotoGP di Sirkuit Pertamina Mandalika.

"PLN berkomitmen untuk menghadirkan layanan zero down time (ZDT) atau listrik tanpa kedip pada gelaran MotoGP, seperti pada event World Superbike (WSBK) pada November 2021," kata General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB Lasiran di Mataram, NTB, Minggu (9/1).

Untuk merealisasikan layanan ZDT, kata dia, pihaknya telah melakukan beberapa persiapan di lokasi. 

Di antaranya adalah inventarisasi ulang kebutuhan material dan juga peralatan cadangan, pengerjaan beberapa pekerjaan sipil, pemasangan kabel di beberapa titik dan mobilisasi beberapa peralatan ke sirkuit.

PLN juga masih menggunakan konfigurasi jaringan pada saat WBSK. Sumber pasokan listrik dari dua gardu induk (GI), yakni GI Kuta dan GI Sengkol.

"Sebanyak 18 unit genset, 17 unit Uninterruptible Power Supply dan enam unit gardu bergerak akan tetap kami siapkan sebagai peralatan back-up apabila terjadi gangguan pada suplai utama," ujarnya.

PLN, kata Lasiran, juga terus berkoordinasi dengan Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC) selaku pengelola Sirkuit Pertamina Mandalika, terutama yang terkait dengan titik-titik di area sirkuit yang memerlukan aliran listrik.

MotoGP dipastikan akan Zero Down Time persis seperti yang terjadi pada World Superbike lalu, begini rupanya
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News