Menteri Sandi: Bandara Ngurah Rai & Soetta Diperketat untuk Cegah Mpox

Rabu, 28 Agustus 2024 – 06:14 WIB
Menteri Sandi: Bandara Ngurah Rai & Soetta Diperketat untuk Cegah Mpox - JPNN.com Bali
Thermo Scanner alias alat pemindai suhu tubuh terpasang di Bandara Gusti Ngurah Rai untuk menangkal penyebaran virus cacar monyet. Foto: PT AP I Ngurah Rai

bali.jpnn.com, DENPASAR - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno memastikan pemerintah akan meningkatkan kewaspadaan dan memperketat pengawasan di dua bandara tersibuk di Indonesia.

Keduanya, yakni Bandara Gusti Ngurah Rai dan Bandara Soekarno-Hatta untuk mencegah importasi penyakit cacar monyet atau Mpox.

Menurut Menteri Sandiaga Uno, peningkatan pengawasan pada jalur perjalanan internasional itu mulai dari pemeriksaan suhu badan, fisik dan pengisian kartu kewaspadaan kesehatan elektronik (Electronic-Health Alert Card/e-HAC).

"Kami sudah rapat terbatas (ratas) dengan Bapak Presiden Joko Widodo dan diputuskan untuk kita tingkatkan kewaspadaan," kata Menparekraf Sandiaga Uno dilansir dari Antara.

Menteri Sandiaga Uno mengatakan aplikasi e-HAC yang diberlakukan pada masa Pandemi Covid-19 akan kembali diterapkan.

Apalagi, Indonesia akan menggelar Forum Indonesia-Afrika (IAF) Ke-2 di Bali pada 1-3 September 2024.

"Pengecekan suhu dan fisik di bandara itu dilakukan karena penyakit Mpox dapat terdeteksi melalui suhu yang tinggi dan deteksi secara fisik.

Oleh karena itu, kebijakan memperketat pengawasan kita lakukan," ujar Sandiaga Uno.

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan pemerintah memperketat pengawasan di Bandara Gusti Ngurah Rai dan Soetta untuk mencetah importasi penyakit cacar monyet
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News