Kelompok Biseksual Rentan Terpapar Cacar Monyet, Jumlahnya Ribuan, Kenali Ciri-cirinya

Selasa, 14 November 2023 – 06:37 WIB
Kelompok Biseksual Rentan Terpapar Cacar Monyet, Jumlahnya Ribuan, Kenali Ciri-cirinya - JPNN.com Bali
Ilustrasi penderita wabah cacar monyet. Foto: ANTARA/CDC/Brian W.J. Mahy/HO via Reuters/as.

bali.jpnn.com, DENPASAR - Virus cacar monyet atau dikenal Monkeypox mulai mengancam industri pariwisata Bali.

Meski belum ditemukan di Bali, tetapi perlu ada langkah antisipasi terhadap kelompok masyarakat yang berpotensi terjangkit.

Sabtu (11/11) lalu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan sudah ada 42 kasus cacar monyet di Indonesia, di mana yang terjangkit tersebar di DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.

Kelompok paling rentan terjangkit virus cacar monyet adalah komunitas biseksual.

Berdasar data Dinas Kesehatan (Dinkes) Bali per Oktober 2023, jumlah populasi yang memiliki orientasi biseksual lelaki seks lelaki (LSL) di Bali sebanyak 4.868 orang, di mana 240 orang di antaranya positif HIV.

Oleh karena itu, Dinkes Bali melakukan koordinasi untuk mencegah penyebaran virus cacar monyet dengan komunitas biseksual ini.

“Sosialisasi dan komunikasi sudah dilakukan tim dinkes.

Kita sudah berkoordinasi dengan komunitasnya (pemilik orientasi biseksual, Red) bila ada yang bergejala agar melaporkan ke fasilitas kesehatan terdekat,” kata Kepala Dinkes Bali I Nyoman Gede Anom.

Kelompok biseksual menjadi salah satu kelompok yang rentan terpapar virus cacar monyet, di Bali jumlahnya ribuan, kenali ciri-cirinya
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News