Bandara Ngurah Rai Pasang 3 Thermal Scanner Deteksi Virus Mpox, Bali Risiko Terpapar

Kamis, 22 Agustus 2024 – 07:14 WIB
Bandara Ngurah Rai Pasang 3 Thermal Scanner Deteksi Virus Mpox, Bali Risiko Terpapar - JPNN.com Bali
Thermo Scanner alias alat pemindai suhu tubuh terpasang di Bandara Gusti Ngurah Rai untuk mitigasi penyebaran pneumonia, cacar monyet dan Covid-19. Foto: PT AP I Ngurah Rai

bali.jpnn.com, DENPASAR - Bandara I Gusti Ngurah Rai bekerja sama dengan Balai Besar Kekarantinaan Kesehatan (BBKK) Denpasar menyiapkan tiga unit Thermal Scanner untuk mendeteksi virus Mpox atau cacar monyet.

Tiga alat canggih itu ditempatkan di area kedatangan internasional Bandara Gusti Ngurah Rai.

“Area kedatangan internasional menjadi titik fokus pencegahan penyebaran virus Mpox,” ujar General Manager Bandara Gusti Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan dalam pernyataan resminya kemarin.

Menurut Handy, pemasangan Thermal Scanner itu dilakukan setelah terjadi peningkatan status Mpox sebagai Kedaruratan Kesehatan Masyarakat yang Meresahkan Dunia (KKM-MD) oleh Kementerian Kesehatan.

Handy mengatakan jika terdapat penumpang yang terindikasi terjangkit Mpox di Bandara I Gusti Ngurah Rai, maka petugas akan menyerahkan kepada pihak BBKK Denpasar untuk dilakukan penanganan lebih lanjut.

Penumpang yang terindikasi Mpox akan diisolasi terlebih dahulu di ruang klinik BBKK Terminal Internasional, sebelum diperiksa lebih lanjut ke rumah sakit rujukan.

Berdasar catatan otoritas Bandara Bali, sampai kemarin (21/8) belum ditemukan indikasi adanya penumpang yang terjangkit Mpox di Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Kepala Balai Besar Kekarantinaan Kesehatan (BBKK) Denpasar AA Ngurah Kusumajaya mengatakan akan menerapkan pemeriksaan suhu tubuh penumpang yang datang dari luar negeri.

Bandara I Gusti Ngurah Rai bekerja sama dengan Balai Besar Kekarantinaan Kesehatan (BBKK) Denpasar menyiapkan tiga unit Thermal Scanner untuk mendeteksi Mpox
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News