Amartha dan KTH Giri Amerta Tanam Pohon di Koridor Satwa Liar Hutan Bali Barat

Sabtu, 24 Agustus 2024 – 20:55 WIB
Amartha dan KTH Giri Amerta Tanam Pohon di Koridor Satwa Liar Hutan Bali Barat - JPNN.com Bali
Amartha dan KTG Giri Amerta menanam 2.000 pohon produktif endemik untuk pengembangan koridor satwa liar di Hutan Bali Barat di Desa Yeh Embeng, Mendoyo, Jembrana, Bali, Sabtu (24/8). Foto: Ali Mustofa/JPNN

bali.jpnn.com, JEMBRANA - Amartha mendonasikan 2.000 pohon produktif endemik sebagai langkah awal pengembangan koridor satwa liar Amartha di Hutan Bali Barat di Desa Yeh Embeng, Mendoyo, Jembrana, Bali, Sabtu (24/8).

Penanaman ribuan pohon produktif endemik ini mendapat dukungan Kelompok Tani Hutan (KTH) Giri Amerta yang mengelola area hutan seluas 304 hektare itu.

KTH Giri Amerta merupakan penjaga kelestarian hutan yang berperan aktif dalam pengelolaan kawasan Hutan Bali Barat, sementara Amartha adalah Perusahaan microfinance dengan misi menghadirkan layanan digital inklusif untuk masyarakat akar rumput.

Penanaman ini dilakukan dengan sistem agroforestri, bertujuan melindungi habitat satwa liar dengan ketersediaan suplai makan dan menciptakan sumber penghidupan alternatif yang berkelanjutan bagi masyarakat.

Pembangunan koridor satwa liar tidak hanya bertujuan melestarikan fauna asli hutan dan mendukung Hutan Bali Barat sebagai pusat tangkapan air (water catchment), tetapi juga jadi solusi pengembangan ketahanan ekonomi lokal masyarakat setempat.

Dengan adanya koridor satwa liar, masyarakat dapat mengelola tanaman produktif tanpa mengganggu habitat alami satwa dan menciptakan harmoni antara manusia dan alam.

Koridor satwa liar ini berfungsi sebagai zona penyangga yang diisi tanaman produktif asli Bali, melindungi lingkungan sembari menebarkan manfaat ekonomi bagi masyarakat lokal.

“Kami percaya pemberdayaan ekonomi masyarakat akar rumput bisa berkembang selaras dengan upaya pelestarian hutan.

Amartha dan KTG Giri Amerta menanam 2.000 pohon produktif endemik untuk pengembangan koridor satwa liar di Hutan Bali Barat di Yeh Embeng, Mendoyo, Jembrana
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News