Pertamina Dukung Pengembangan UMKM, Haluan Bali Sebut Banyak Manfaat

Selasa, 13 Agustus 2024 – 15:09 WIB
Pertamina Dukung Pengembangan UMKM, Haluan Bali Sebut Banyak Manfaat - JPNN.com Bali
Pameran UMKM yang mendapat dukungan PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus di Denpasar, Bali. Foto: Pertamina Patra Niaga for JPNN

bali.jpnn.com, DENPASAR - PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus menunjukan komitmennya mendukung pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pertamina Patra Niaga melalui berbagai program dan pembinaan, berperan aktif dalam memperkuat sektor UMKM sebagai tulang punggung perekonomian daerah.

Sebagai bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan, Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus meluncurkan beberapa program yang bertujuan meningkatkan kapasitas dan kualitas UMKM.

Program tersebut mencakup pelatihan dasar usaha, sertifikasi, hingga pendampingan usaha.

Pertamina juga membantu mitra binaan dalam memperluas pemasaran baik melalui pameran lokal, nasional hingga internasional.

Haluan Bali UMKM binaan dari Badung, yang fokus pada produksi, turut merasakan manfaat dari program ini.

"Bersyukur banget Haluan Bali bisa jadi binaan Pertamina. Banyak hal yang bisa didapat serta kesempatan-kesempatan pamerannya.

Yang paling berharga adalah ketika mendapat kepercayaan dari Pertamina untuk membuat produk yang dikhususkan untuk kegiatan Pertamina. Hal ini ga bisa diungkapkan bahagianya," ujar pemilik Haluan Bali, Defria Amelia Kirana.

Pertamina Patra Niaga melalui berbagai program dan pembinaan, berperan aktif dalam memperkuat sektor UMKM sebagai tulang punggung perekonomian daerah
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News