Platform Antares IoT Dukung Energi Berkelanjutan di Sektor Manufaktur

Sabtu, 20 Juli 2024 – 20:47 WIB
Platform Antares IoT Dukung Energi Berkelanjutan di Sektor Manufaktur - JPNN.com Bali
Ilustrasi platform Antares mendukung energi berkelanjutan di sektor manufaktur. Foto: Antares for JPNN

bali.jpnn.com, DENPASAR - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menghadirkan solusi teknologi Internet of Things (IoT) melalui platform Antares.

Teknologi IoT yang ada di platform Antares memainkan peran penting dalam mendukung energi berkelanjutan di industri manufaktur dengan berbagai cara.

Salah satunya lewat pemantauan dan pengendalian energi yang real-time, otomatisasi dan optimalisasi proses penggunaan energi, hingga pengumpulan data yang efisien untuk kebutuhan analisis dan pelaporan energi.

“Melalui platform Antares IoT, kami turut berkomitmen menggunakan energi berkelanjutan yang terkontrol dengan baik di industri manufaktur.

Penggunaan teknologi IoT menjadi penting, tidak hanya untuk kemajuan bangsa di bidang ekonomi, tetapi juga untuk menjaga lingkungan kita dari emisi gas rumah kaca berlebih,” ujar EVP Digital Business and Technology Telkom, Komang Budi Aryasa.

Menurut Komang Budi Aryasa, dengan memanfaatkan platform IoT dari Antares, penggunaan energi di industri manufaktur dapat diidentifikasi dengan efektif dan efisien, termasuk mengetahui penggunaan energi yang tidak wajar.

Hal ini karena Antares IoT mampu memusatkan data dan platform yang digunakan sudah terintegrasi dengan sistem maupun perangkat yang digunakan oleh masing-masing industri.

Antares IoT juga mampu secara otomatis mengkonversi penggunaan energi menjadi nilai carbon emission, carbon offset, dan neraca karbon guna mendukung terwujudnya lingkungan yang aman dan berkelanjutan.

Teknologi IoT yang ada di platform Antares memainkan peran penting dalam mendukung energi berkelanjutan di industri manufaktur
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News