Perahu Nelayan Pengambengan Jembrana Bersolek Sambut Sedekah Laut, Penuh Makna

Sabtu, 20 Juli 2024 – 19:58 WIB
Perahu Nelayan Pengambengan Jembrana Bersolek Sambut Sedekah Laut, Penuh Makna - JPNN.com Bali
Perahu nelayan di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Pengambengan, Kabupaten Jembrana, Bali, melakukan acara acara petik laut atau sedekah laut, Sabtu (20/7). Foto: Source for JPNN

bali.jpnn.com, JEMBRANA - Puluhan perahu dan sampan yang sandar di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Pengambengan, Kabupaten Jembrana, Bali, bersolek untuk acara petik laut atau sedekah laut.

Perahu dan sampan fiber dihiasi dengan umbul-umbul dan bendera yang dominan berwarna merah putih.

Kegiatan puncak petik laut dengan iring-iringan belasan perahu dan sampan fiber menuju ke laut menarik perhatian masyarakat.

Mereka berbondong-bondong menuju pintu keluar masuk kolam labuh PPN Pengambengan.

Bupati Jembrana I Nengah Tamba yang hadir dalam acara ini terkesan dengan kreativitas hiasan perahu para nelayan setempat.

Bupati Tamba berharap ritual petik laut bisa menambah rezeki nelayan.

 "Saya juga berdoa setelah acara ini selesai, Tuhan melimpahkan rezeki kepada nelayan di Pengambengan dan seluruh nelayan di Kabupaten Jembrana," kata Bupati Tamba.

Perbekel Pengambengan Kamaruzzaman mengatakan petik laut merupakan upacara yang rutin dilakukan nelayan Desa Pengambengan pada bulan Muharam sebagai ungkapan syukur atas hasil laut.

Puluhan perahu dan sampan yang sandar di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Pengambengan, Jembrana, Bali, bersolek untuk acara petik laut atau sedekah laut
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News