Waspada! BMKG Memperingatkan Suhu Panas Melanda Bali, Jatim, Sumut & Aceh

Rabu, 12 Juni 2024 – 06:14 WIB
Waspada! BMKG Memperingatkan Suhu Panas Melanda Bali, Jatim, Sumut & Aceh - JPNN.com Bali
Ilustrasi cuaca panas terik. Foto: ANTARA/HO - Joko Purnomo

bali.jpnn.com, DENPASAR - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini untuk warga Indonesia sepekan ke depan.

Dalam pernyataan terbarunya, BMKG memprediksi sebagian wilayah di Indonesia bakal dilanda suhu panas maksimum mencapai 36 derajat celsius.

Suhu panas itu diprediksi melanda Provinsi Bali, Jawa Timur, Aceh dan Sumatra Utara (Sumut).

“Suhu panas dalam dua hari terakhir sudah mulai terasa di beberapa wilayah di Indonesia, seperti Bali, Jawa Timur, Aceh dan Sumut,” ujar Tim Pusat Meteorologi Publik BMKG Miming.

Berdasar hasil analisis tim ahli meteorologi BMKG, kemarin (11/6) siang, suhu terpanas di wilayah Aceh setinggi 36,6 derajat celcius, sementara Sumatra Utara 35,9 derajat celcius.

Saat yang sama suhu panas maksimum setinggi 34,8 - 34,0 derajat celcius melanda wilayah Bali, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Banten dan Sumatra Selatan.

"Kondisi ini masih perlu kita waspadai dalam sepekan ke depan, yang mana siang hari jadi titik suhu terpanas," kata Miming.

Menurut Miming, dari analisis tim meteorologi BMKG, suhu panas maksimum pada siang hari tersebut disebabkan karena gerak semu matahari dengan jarak terdekat di equator.

Waspada! BMKG memperingatkan masyarakat terkait suhu panas yang melanda Provinsi Bali, Jawa Timur, Sumut & Aceh
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News