Luhut Dorong Presiden Terpilih Beli Kapal Riset Canggih, Alasannya Kuat

Rabu, 15 Mei 2024 – 18:19 WIB
Luhut Dorong Presiden Terpilih Beli Kapal Riset Canggih, Alasannya Kuat - JPNN.com Bali
Kapal riset OceanXplorer sedang menurunkan kapal selam untuk meneliti perairan. Menko Marves Luhut Pandjaitan mendorong Presiden terpilih Prabowo Subianto membeli kapal riset canggih. Foto: ANTARA/HO-OceanX

bali.jpnn.com, NUSA DUA - Indonesia membutuhkan kapal riset dengan peralatan canggih untuk memetakan kekayaan laut dalam hingga mengantisipasi potensi bencana.

Oleh karena itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Pandjaitan memberi masukan kepada Presiden Terpilih Prabowo Subianto untuk membeli OceanXplorer, misalnya.

OceanXplorer adalah salah satu kapal canggih untuk penelitian, milik lembaga nonprofit eksplorasi kelautan OceanX yang harganya diperkirakan mencapai Rp 3,5 triliun.

“Saya akan mendorong Pak Prabowo biar itu menjadi prioritas.

Pemerintah Indonesia memiliki anggaran untuk membeli kapal eksplorasi itu,” ujar Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan seusai ekspedisi bersama Indonesia-OceanX di Nusa Dua, Badung, Bali.

Lebih dari 70 persen wilayah Indonesia adalah laut dengan garis pantai mencapai lebih dari 108 ribu kilometer dan 17.504 pulau.

Kekayaan laut Indonesia itu menyimpan keanekaragaman hayati, perikanan, karbon biru, energi baru terbarukan hingga wilayah laut Indonesia menjadi salah satu jalur perdagangan dunia.

Meski begitu, baru sekitar 19 persen perairan Indonesia yang sudah dipetakan dan kurang dieksplorasi khususnya laut dalam.

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mendorong Presiden Terpilih Prabowo Subianto membeli kapal riset canggih, OceanXplorer, misalnya, alasannya kuat
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News