Menkes Budi Gunadi: Bali Jadi Pusat Pengembangan Riset Genomik

Minggu, 28 Agustus 2022 – 08:34 WIB
Menkes Budi Gunadi: Bali Jadi Pusat Pengembangan Riset Genomik - JPNN.com Bali
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin saat menyampaikan keterangan pers dalam acara 3rd HWG di Nusa Dua Bali. Foto: ANTARA/Andi Firdaus/aa.

bali.jpnn.com, DENPASAR - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan Kemenkes telah melakukan beberapa upaya untuk membangun pusat pengembangan riset data genomik di Bali.

Salah satu yang dilakukan, yakni membangun pusat riset genomik di Universitas Udayana (Unud).

Kemenkes juga telah melakukan pertemuan dengan East Venture untuk mendukung bioresearch di Pulau Dewata.

"Untuk itu, kami membuka kesempatan bagi perusahaan asing mendirikan pusat riset genomik dan investasi lainnya di bidang kesehatan di Indonesia.

Namun, monetisasi tetap harus dilakukan di Indonesia dan bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Menteri Budi Gunadi Sadikin saat menjadi pembicara pada Tri Hita Karana (THK) Forum Road to G20 di Kura Kura Bali.
Pembangunan pusat riset genomik untuk menciptakan inovasi kesehatan agar tumbuh generasi yang lebih sehat di masa mendatang.

"Bali memiliki modalitas untuk membangun dan menyiapkan infrastruktur kesehatan," kata Menteri Budi Gunadi Sadikin.

Menurut Menteri Budi Gunadi Sadikin, pandemi Covid-19 telah menciptakan kesadaran tentang perlunya arsitektur kesehatan yang kuat dan komprehensif untuk menghadapi situasi darurat, menciptakan kesiapsiagaan agar tercipta masyarakat yang tangguh.

"Proses menuju cita-cita ini bisa dimulai dengan mengelola ratusan juta data genomik yang terkumpul selama pandemi," ucapnya.

Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan Bali bakal jadi pusat riset data Genomik, lokasinya di Universitas Udayana
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News