Menkes Budi Sadikin Sampaikan Kabar Penting Jelang KTT G20 di Bali

Rabu, 22 Juni 2022 – 10:58 WIB
Menkes Budi Sadikin Sampaikan Kabar Penting Jelang KTT G20 di Bali - JPNN.com Bali
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (kanan) menyambut Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus yang melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, kemarin (21/6). Foto: ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden

bali.jpnn.com, JAKARTA - Indonesia mengusung lima target bidang kesehatan yang akan disampaikan kepada para pemimpin negara dalam acara puncak Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, November 2022.

Kelima target tersebut adalah membentuk dana cadangan mengatasi pandemi dan akses terhadap dana cadangan secara adil dan cepat untuk tindakan medis darurat pandemi.

Kemudian integrasi lab genome sequence di seluruh dunia, harmonisasi standar perjalanan antarnegara dan standardisasi atau regoinalisasi dari hub manufaktur serta riset vaksin.

“Kelima target ini sudah disampaikan Indonesia dalam Pertemuan Menteri Kesehatan (Health Minister Meeting/HMM) G20 di Yogyakarta, Senin (20/6) lalu,” ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa target pertama sudah tercapai dalam gelaran HMM G20 di Yogyakarta.

Yang pertama pembentukan financial intermediary fund, dana cadangan untuk mengatasi pandemi.

Menkes mengatakan bahwa sudah ada lebih dari USD 1 miliar yang menjadi komitmen beberapa negara maupun institusi untuk menyumbang dana cadangan itu.

"Yang kedua kita juga membicarakan bersama WHO bagaimana uang yang ada di fund ini bisa dipakai untuk mengakses secara adil dan cepat, istilahnya emergency medical countermeasures, jadi vaksin, obat-obatan dan alat diagnostik," kata Menkes.

Menkes Budi Gunadi Sadikin menyampaikan kabar penting terkait upaya Indonesia jelang KTT G20 di Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News