Info Mudik 2024: 54 Unit Kapal Feri Lalu-lalang Gilimanuk–Ketapang Melayani Pemudik

Rabu, 27 Maret 2024 – 21:43 WIB
Info Mudik 2024: 54 Unit Kapal Feri Lalu-lalang Gilimanuk–Ketapang Melayani Pemudik - JPNN.com Bali
Suasana aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jatim. Foto: ANTARA/Novi Husdinariyanto

bali.jpnn.com, GILIMANUK - Calon pemudik dari Bali ke Pulau Jawa tak perlu khawatir saat melintas di Selat Bali yang menghubungkan Pelabuhan Gilimanuk dan Ketapang.

Pasalnya, Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Provinsi Jawa Timur telah menyiapkan 54 unit armada kapal feri untuk angkutan Lebaran 2024.

54 unit armada kapal laut yang siap beroperasi melayani pemudik dari Pelabuhan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, Bali, ke Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi.

Empat unit di antaranya merupakan kapal perbantuan dari lintasan Padangbai, Bali – Lembar, Lombok, NTB dan kapal perbantuan dari lintasan Jangkar, Situbondo, Jawa Timur – Lembar, Lombok, NTB.

50 unit armada kapal feri ini merupakan kapal feri yang selama ini beroperasi di lintasan penyeberangan Ketapang-Gilimanuk, dan semuanya sudah dilakukan ramp check sebelum memasuki arus mudik Lebaran 2024.

"Sejak dua pekan lalu kami sudah melakukan ramp check atau uji petik semua kapal feri yang disiapkan melayani penumpang di lintasan penyeberangan Ketapang-Gilimanuk," kata Koordinator Satuan Pelayanan Pelabuhan Penyeberangan Ketapang, Banyuwangi pada Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Provinsi Jawa Timur Bayu Kusumo Nugroho.

"Jadi, empat kapal feri perbantuan tersebut nantinya juga dipersiapkan melayani penumpang (pemudik) pada arus mudik Lebaran, karena kapasitasnya lebih besar," imbuh Bayu Kusumo Nugroho.

Bayu Kusumo Nugroho menjelaskan bahwa dari hasil uji petik kelayaklautan mulai dari berbagai penunjang keselamatan pelayaran termasuk kondisi mesin kapal dipastikan aman dan layak laut.

Info Mudik 2024: Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Jatim menyiapkan 54 unit kapal feri yang lalu-lalang Gilimanuk – Ketapang melayani pemudik
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News