Pasokan Janur Menjelang Hari Raya Galungan dan Kuningan ke Bali Meningkat

Sabtu, 24 Februari 2024 – 20:06 WIB
Pasokan Janur Menjelang Hari Raya Galungan dan Kuningan ke Bali Meningkat - JPNN.com Bali
Sebuah mobil pick up L300 melintas di jembatan penimbangan kendaraan Cekik Gilimanuk, Bali, Jumat (22/2/2024) membawa janur untuk kebutuhan upacara menyambut Hari Raya Galungan. Foto: ANTARA/Gembong Ismadi

bali.jpnn.com, JEMBRANA - Koordinator Satuan Pelayanan UPPKB Cekik Made Ardana mengungkap kendaraan pengangkut janur ke Bali dari Pulau Jawa meningkat menjelang Hari Raya Galungan.

Menurut Made Ardana, pada hari biasa kendaraan yang mengangkut janur hanya dua sampai tiga unit yang menimbang kendaraannya di di Unit Pelayanan Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) Cekik, Kabupaten Jembrana.

Namun, sepekan sebelum Hari Raya Galungan meningkat menjadi delapan hingga sepuluh unit setiap hari.

Made Ardana mengatakan meningkatnya pasokan janur ke Bali menjelang Hari Raya Galungan lazim terjadi karena janur dibutuhkan Umat Hindu menjelang hari raya.

 "Selain untuk kebutuhan upacara persembahyangan, menjelang Hari Raya Galungan, Umat Hindu juga membuat penjor yang bahannya membutuhkan janur," kata Made Ardana.

Versi para sopir, janur itu rata-rata berasal dari Kabupaten Banyuwangi, Jember hingga Malang, Provinsi Jawa Timur.

"Kata sopir yang biasa membawa janur ke Bali, menjelang Hari Raya Galungan mereka sudah bersiap-siap dengan pesanan yang meningkat," ujar Made Ardana.

Menurut Made Ardana, selain janur, mobil barang pengangkut pasokan buah-buahan seperti pisang, pepaya dan melon juga meningkat.

Pasokan janur menjelang Hari Raya Galungan dan Kuningan ke Bali dari Pulau Jawa meningkat sepekan terakhir ini
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News