Merah Putih 2 Meluncur dari Cape Canaveral, Jadi Satelit HTS Paling Andal di Indonesia

Rabu, 21 Februari 2024 – 12:20 WIB
Merah Putih 2 Meluncur dari Cape Canaveral, Jadi Satelit HTS Paling Andal di Indonesia  - JPNN.com Bali
Roket Falcon 9 meluncur dari Cape Canaveral Florida sebagai wahana yang mengantarkan Satelit Merah Putih 2 menuju orbit, Selasa (20/2) waktu setempat. Foto: Dok. SpaceX

bali.jpnn.com, DENPASAR - Telkomsat – anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sukses meluncurkan Satelit Merah Putih 2 langsung dari Cape Canaveral, Florida, Selasa (20/2) pukul 15.11 waktu setempat atau Rabu (21/2) pukul 03.11 WIB.

Merah Putih 2 merupakan satelit ke-11 sekaligus satelit pertama TelkomGroup yang menggunakan teknologi High Throughput Satellite (HTS).

Satelit ini diluncurkan dengan roket Falcon 9 dan akan menempati slot orbit 113 derajat Bujur Timur (113 BT).

“Alhamdulillah, peluncuran Merah Putih 2 berjalan lancar.

Ini merupakan milestone penting bagi kami dalam mendukung terwujudnya pemerataan akses konektivitas di seluruh Indonesia bahkan di daerah 3T,” ujar Direktur Utama Utama Telkom, Ririek Adriansyah dalam pernyataan resminya.

Menurutnya, satelit Merah Putih 2 ini juga menjadi fondasi yang memperkuat portofolio bisnis satelit di Indonesia.

Dengan kapasitas hingga 32 Gbps, Merah Putih 2 membawa transponder aktif frekuensi C-band dan Ku-band, yang akan menjangkau seluruh area Indonesia.

Sebagai negara di kawasan khatulistiwa yang memiliki curah hujan tinggi, satelit ini diharapkan dapat menjadi satelit HTS atau broadband satellite paling reliable alias andal di Indonesia.

Satelit Merah Putih 2 sukses meluncur ke orbit dari Cape Canaveral, Florida, Rabu dini hari, menjadi satelit HTS paling andal di Indonesia
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News