Romi Yudianto Minta MPD Badung Tindak Tegas Notaris Terbukti Melanggar

Jumat, 12 Januari 2024 – 20:35 WIB
Romi Yudianto Minta MPD Badung Tindak Tegas Notaris Terbukti Melanggar - JPNN.com Bali
Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Bali Romi Yudianto melantik Majelis Pengawas Daerah (MPD) Notaris Kabupaten Badung periode 2024 - 2027 di sekretariat Pengwil Ikatan Notaris Indonesia (INI) Provinsi Bali, Jumat (12/1). Foto: Kemenkumham Bali

bali.jpnn.com, DENPASAR - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Bali Romi Yudianto melantik Majelis Pengawas Daerah (MPD) Notaris Kabupaten Badung periode 2024 - 2027 di sekretariat Pengwil Ikatan Notaris Indonesia (INI) Provinsi Bali, Jumat (12/1).

Romi Yudianto berharap anggota MPD Notaris Badung yang baru dilantik dapat memastikan perilaku, etika dan akta-akta yang dibuat para notaris sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

"Kepada para anggota Majelis Pengawas Daerah Notaris Kabupaten Badung agar tegas dan cepat dalam menindak notaris yang terbukti melakukan pelanggaran dengan tetap mengedepankan pembinaan," kata Romi Yudianto.

Anggota MPD Notaris Kabupaten Badung yang telah dilantik berjumlah sembilan orang terdiri dari unsur pemerintahan, akademisi, notaris dan kepolisian.

MPD Notaris adalah suatu badan yang mempunyai kewenangan dan kewajiban melaksanakan pembinaan dan pengawasan terhadap notaris di daerah.

Keberadaan MPD Notaris ditetapkan berdasar surat keputusan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM.

Pelantikan MPD Notaris menjadi syarat yang harus dilakukan sebelum menjalankan tugas dalam melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap notaris.

Pembentukan MPD Notaris dimaksudkan untuk meningkatkan pelayanan dan perlindungan hukum bagi masyarakat pengguna jasa Notaris.

Kepala Kanwil Kemenkumham Bali Romi Yudianto Minta MPD Notaris Badung tindak tegas notaris terbukti melanggar perundang-undangan
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News