Anggota DPD RI AWK Tebar Bibit Rasisme di Bali, Dirjen HAM Angkat Bicara, Makjleb

Sabtu, 06 Januari 2024 – 19:23 WIB
Anggota DPD RI AWK Tebar Bibit Rasisme di Bali, Dirjen HAM Angkat Bicara, Makjleb - JPNN.com Bali
Polisi saat menjaga ketertiban unjuk rasa dari sekelompok umat Muslim di Bali yang mendatangi Kantor DPD RI Bali buntut pernyataan Arya Wedakarna di Denpasar, Kamis (4/1). Foto: ANTARA/Ni Putu Putri Muliantari

bali.jpnn.com, DENPASAR - Video anggota DPD RI dari Bali Arya Wedakarna alias AWK yang menebar bibit rasisme menuai respons dari banyak pihak.

Video AWK yang berbicara dengan nada tinggi saat rapat bersama Kanwil Bea Cukai dan meminta agar petugas frontliner sebaiknya merupakan putra dan putri daerah dengan tanpa menggunakan penutup kepala bahkan mendapat respons Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Direktur Jenderal (Dirjen) HAM Kemenkumham Dhahana Putra mengatakan pernyataan AWK tidak mencerminkan budaya masyarakat Bali yang toleran dan inklusif.

“Masyarakat Bali dikenal sebagai contoh terbaik toleransi umat beragama dan kebhinekaan di tanah air.

Itu bisa terlihat pada peringkat Provinsi Bali pada Indeks Kerukunan Umat Beragama (KUB),” ujar Dirjen HAM Dhahana Putra, Sabtu (6/1).
“Oleh karena itu, kami berharap Pak Arya Wedakarna selaku anggota DPD RI asal Bali dapat merepresentasikan itu," imbau Dhahana Putra.

Dirjen HAM khawatir pernyataan yang disampaikan AWK justru menimbulkan ketegangan sosial yang tidak sepatutnya ada di Bali, apalagi di tengah tahun politik.

Dhahana Putra menegaskan bahwa warga negara yang memilih mengenakan atribut keagamaan tanpa ada paksaan, tidak boleh didiskriminasi.

Hal itu menurut dia karena penggunaan atribut keagamaan oleh warga negara tanpa ada paksaan merupakan HAM yang dijamin oleh konstitusi.

Anggota DPD RI Arya Wedakarna alias AWK menebar bibit rasisme di Bali, Dirjen HAM Kemenkumham RI langsung angkat bicara, makjleb
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News