Transaksi Nirsentuh Mulai Uji Coba di Tol Bali Mandara, Begini Cara Kerja MLFF

Senin, 18 Desember 2023 – 11:32 WIB
Transaksi Nirsentuh Mulai Uji Coba di Tol Bali Mandara, Begini Cara Kerja MLFF - JPNN.com Bali
Transaksi Tol Nir Sentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) diujicobakan di Tol Bali - Mandara. Foto: ANTARA/HO-Kementerian PUPR

bali.jpnn.com, DENPASAR - Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR masih melakukan uji coba penerapan transaksi tol nirsentuh (Multi Lane Free Flow/MLFF) di Tol Bali Mandara (TBM).

Ruas ini dipilih sebagai lokasi masa transisi awal dengan mempertimbangkan Lalu-lintas Harian Rata-rata (LHR) yang relatif rendah.

Tol Bali Mandara merupakan ruas tersendiri yang tidak terhubung dengan ruas manapun, sehingga dapat mengurangi risiko kegagalan sistemik antarruas.

“Bali itu kan kebetulan pulau, yang relatif cukup terisolasi dengan kendaraan yang lebih terbatas, dan di sana juga ruas jalan yang tidak terlalu panjang,” ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Hedy Rahadian, Minggu (18/12).

“Kita ingin memastikan sistemnya bekerja, sehingga di sana kita bisa mengurangi berbagai ketidakpastian.

Jadi, kita melakukan uji coba dengan lingkungan relatif yang terkondisikan dengan baik, itu lah sebabnya kita pilih Bali,” imbuh Hedy Rahadian.

Menurut Hedy Rahadian, tujuan utama penerapan teknologi MLFF adalah tidak ada lagi barrier, tidak ada lagi gerbang tol.

MLFF sekaligus bertujuan untuk mengurangi delay ketika berada di tol dan bisa menurunkan waktu tempuh sehingga meningkatkan competitiveness dari sistem jaringan jalan.

Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR mulai melakukan uji coba transaksi nirsentuh di Tol Bali Mandara, begini cara kerja MLFF
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News