Pameran Telur Setengah Matang: Merespon Isu Kehamilan Anak dengan Seni Ala Bali

Jumat, 27 Oktober 2023 – 13:52 WIB
Pameran Telur Setengah Matang: Merespon Isu Kehamilan Anak dengan Seni Ala Bali - JPNN.com Bali
Para pengunjung menyaksikan karya lukisan di PKBI Bali saat pameran bertajuk Manusia: Telur Setengah Matang yang digelar pada 23 - 39 Oktober 2023. Foto: Source for JPNN

bali.jpnn.com, DENPASAR - Sebuah gayor alias dekorasi acara pernikahan di Bali menghiasi gedung Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Daerah Bali.

Penampilannya tampak tak biasa karena ada ornamen telur putih yang memagari pintu, bahkan berada di tangan figur sang dewi.

Gayor tersebut merupakan salah satu karya seni yang dipajang dalam pameran bertajuk Manusia: Telur Setengah Matang yang digelar pada 23 - 39 Oktober 2023.

Pameran kali ini kembali mencoba untuk merespon isu-isu terkait kesehatan seksual dan reproduksi dengan cara yang berbeda.

PKBI Bali berkolaborasi dengan Gurat Institute untuk menyiapkan pameran ini.

“Fenomena kehamilan remaja ini dari dulu memang cukup tinggi di Indonesia, khususnya di Bali,” ujar Direktur Eksekutif PKBi Bali, Ni Luh Eka Purni Astiti.

Pernyataan ini sejalan dengan data hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional pada 2017, di mana hampir dua dari tiga perempuan usia 20-24 tahun yang menikah sebelum usia 18 tahun hamil pertama kali di bawah usia 18.

Indeks Pembangunan Pemuda 2019 pun mencatat, proporsi remaja berusia 15–18 tahun di Provinsi Bali yang pernah menikah dan sedang hamil sebesar 23,40 persen tergolong relatif besar dan bahkan melebihi angka nasional sebesar 16,67 persen.

Pameran Telur Setengah Matang digelar di Bali pada 23 - 29 Oktober 2023: merespon isu kehamilan anak dengan seni ala Bali
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News