53 Negara Berkumpul di Bali, Bahas Isu Pencucian Uang hingga Peredaran Gelap Narkoba

Senin, 23 Oktober 2023 – 22:01 WIB
53 Negara Berkumpul di Bali, Bahas Isu Pencucian Uang hingga Peredaran Gelap Narkoba - JPNN.com Bali
Kepala Biro Humas dan Protokol BNN RI Brigjen Sulistyo Pudjo Hartono memberikan keterangan kepada awak media di Denpasar, Senin (23/10). Foto: Ali Mustofa/JPNN.com

bali.jpnn.com, DENPASAR - 53 negara Asia Pasifik, sebagian Eropa dan Amerika Serikat dijadwalkan bertemu di Bali dalam ajang Heads of National Law Enforcement Agencies Asia and The Pacific (HONLAP) ke-45 di Discovery Kartika Plaza Kuta, Selasa besok (24/10).

Kepala Biro Humas dan Protokol BNN RI Brigjen Sulistyo Pudjo Hartono mengatakan ada sejumlah agenda yang akan dibahas dalam pertemuan itu.

Mulai dari kerja sama regional dan internasional dalam mengurangi pertumbuhan budi daya tanaman narkotika ilegal melalui alternative development.

Kemudian investigasi keuangan termasuk cryptocurrency dan pencurian uang yang masuk dalam peredaran gelap narkoba.

Hal lain yang dibahas adalah upaya penanggulangan manufaktur ilegal serta pengalihan bahan kimia prekursor dan keterkaitan antara persoalan narkoba serta lingkungan.

Brigjen Sulistyo Pudjo Hartono mengatakan penanganan peredaran narkoba membutuhkan peran semua negara.

Semisal negara-negara di kawasan Asia Tengah dan sebagian Asia Tenggara, seperti Pakistan, Afganistan serta Myanmar.

Indonesia menjadi sasaran empuk para pengedar karena berada pada jalur perdagangan dunia dengan jumlah penduduk ratusan juta.

53 negara di kawasan Asia Pasifik, sebagian Eropa dan Amerika berkumpul di Bali, bahas isu pencucian uang hingga peredaran gelap narkoba
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News