Indonesia Menyerukan Perang Dihentikan, Wapres Ajak Asia Afrika Solid Atasi Isu Global

Senin, 16 Oktober 2023 – 18:54 WIB
Indonesia Menyerukan Perang Dihentikan, Wapres Ajak Asia Afrika Solid Atasi Isu Global - JPNN.com Bali
Wakil Presiden Ma’ruf Amin didampingi Menkumham Yasonna Laoly memberikan keterangan kepada awak media seusai pembukaan AALCO ke-61 di Nusa Dua, Badung, Bali, Senin (16/10). Foto: Ali Mustofa/JPNN

bali.jpnn.com, DENPASAR - Pemerintah Indonesia menyerukan agar perang dan tindak kekerasan yang mengancam perdamaian dunia segera dihentikan.

Pasalnya, perang hanya akan menimbulkan penderitaan bagi umat manusia dan kemunduran dalam pembangunan yang telah diraih dengan susah payah.

“Dari Bali, mari sama-sama menyerukan agar perang dan tindak kekerasan segera dihentikan,” ujar Wapres Ma’ruf Amin seusai pembukaan Asian – African Legal Consultative Organization (AALCO) ke-61 di Nusa Dua, Badung, Senin (16/10).

Menurut Wapres Ma’ruf Amin, beragam tantangan yang dihadapi seluruh bangsa saat ini menuntut kerja sama, kreativitas dan inovasi.

Semuanya itu hanya akan bersemi dan mekar saat situasi damai, bukan dalam atmosfer ketakutan dan kebencian.

Bagi Indonesia, kata wapres, diplomasi perdamaian dan penghormatan terhadap hukum, akan terus disuarakan dan diperjuangkan sesuai mandat konstitusi.

“Oleh sebab itu, sebagai Presiden AALCO ke-61, Indonesia mendorong forum-forum AALCO untuk terus mengorientasikan hukum internasional agar senantiasa berfungsi sebagai alat untuk mewujudkan perdamaian dan pelindung hak asasi manusia,” kata Wapres Ma’ruf Amin.

“Mudah-mudahan pertemuan di Bali ini akan mempersembahkan kontribusi terbaik AALCO dalam mewujudkan tatanan dunia yang damai, adil sejahtera, di mana hukum internasional menjadi penyangganya,” imbuhnya.

Indonesia melalui AALCO ke-61 yang digelar di Nusa Dua, Badung, Bali, menyerukan perang dihentikan, Wapres ajak Asia Afrika solid mengatasi isu global
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News