Subak Bengkel Tabanan Bali Kembangkan Padi Organik Mentik Susu, Wangi & Pulen

Sabtu, 07 Oktober 2023 – 05:53 WIB
Subak Bengkel Tabanan Bali Kembangkan Padi Organik Mentik Susu, Wangi & Pulen - JPNN.com Bali
Panen perdana padi organik di Tabanan, Bali, Jumat (6/10). Foto: ANTARA/HO-Humas Pemkab Tabanan

bali.jpnn.com, TABANAN - Petani padi Tabanan berhasil mengembangkan padi organik perdana varietas mentik susu di lahan Demplot Organik, Subak Bengkel, Desa Bengkel, Kecamatan Kediri, Tabanan, Bali.

Pengembangan padi organic varietas lokal ini menjadi bagian dari program ketahanan pangan Pemkab Tabanan hasil kolaborasi dengan Universitas Muhammadiyah (UM) Malang.

Selain di Desa Bengkel, pengembangan padi organik perdana varietas mentik susu dilakukan di Pangkung Tibah sejak 2022 lalu.

Varietas yang ditanam yakni varietas mentik susu yang merupakan varietas lokal yang memiliki usia panen lebih lama dari pada padi hybrid yang banyak di tanam saat ini.

Bibit lokal itu pun terbukti cocok untuk digunakan dengan metode pola tanam organik karena tidak diberikan campuran kimia saat olah tanah.

Mentik susu tergolong beras lokal, tetapi kualitas premium.

Pasalnya, beras yang dihasilkan memiliki aroma wangi dan lebih pulen dibandingkan jenis padi yang lain.

Bentuknya mirip dengan beras ketan, atau padi yang masih muda saat dipanen.

Petani di Subak Bengkel, Desa Bengkel, Kediri, Tabanan, Bali berhasil mengembangkan padi organik mentik susu, wangi & pulen
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News