Indonesia Punya Bahan Baku Nuklir, BAPETEN Sebut Data Ini di Bali

Selasa, 12 September 2023 – 07:56 WIB
Indonesia Punya Bahan Baku Nuklir, BAPETEN Sebut Data Ini di Bali - JPNN.com Bali
Suasana stan pameran produk nuklir antara BAPETEN dengan Universitas Udayana kemarin. Foto: Instagram @bapeten

bali.jpnn.com, DENPASAR - Beberapa daerah di Indonesia memiliki bahan baku uranium dan thorium yang cukup untuk dijadikan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN).

Versi Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN), pembangunan PLTN ini untuk mendukung percepatan penggunaan energi hijau di Indonesia.

Plt Kepala BAPETEN Sugeng Sumbarjo di Universitas Udayana (Unud), Jimbaran, Badung, Bali, mengatakan wilayah di Indonesia yang memiliki bahan baku uranium dan thorium, yakni Bangka Belitung, Sulawesi Barat dan Kalimantan Barat.

"Indonesia memiliki banyak kandungan nuklir, seperti uranium dan thorium.

Kandungan uranium dan thorium tersebut cukup untuk menuju target Net Zero Emission (NZE) pada 2060," kata Sugeng Sumbarjo.

Namun, Sugeng tidak menyebut detail kandungan bahan baku nuklir di kawasan tersebut.

Berdasar laporan dan studi beberapa pihak, Indonesia memiliki kompetensi untuk mengubah skema pembangkit listrik dari bahan baku fosil menuju energi nuklir.

Ada beberapa keuntungan penggunaan nuklir.

Indonesia punya bahan baku nuklir yang cukup seperti uranium dan thorium untuk PLTN, BAPETEN sebut data ini di Unud, Bali
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News