2 Mahasiswa UGM & Unpad Raih Golden Tiket ke Boston, Bikin Aplikasi Kaya Manfaat

Minggu, 27 Agustus 2023 – 18:45 WIB
2 Mahasiswa UGM & Unpad Raih Golden Tiket ke Boston, Bikin Aplikasi Kaya Manfaat - JPNN.com Bali
Anis Rohmasari dan Anggit Wignya Adi Prasati peraih golden ticket untuk Grand Final Hackathon di Boston, Amerika Serikat lewat Kompetisi Bio Farma x MIT Hacking Medicine, Badung, Bali, Minggu (27/8). Foto: ANTARA/Ni Putu Putri Muliantari

bali.jpnn.com, BADUNG - Dua mahasiswi Indonesia berhasil meraih golden tiket untuk dikirim ke Boston, Amerika Serikat mengikuti Grand Final Hackathon, kompetisi bidang Kesehatan oleh Bio Farma dan MIT Hacking Medicine.

Keduanya adalah mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran (Unpad) Anis Rohmasari dan mahasiswi Farmasi Universitas Gadjah (UGM) Anggit Wignya Adi Prasati.

Anis Rohmasari bersama timnya menciptakan aplikasi berisi rekomendasi makanan sehat bagi penderita kanker yang sedang menjalani kemoterapi.

“Kita mencoba menolong orang yang mengikuti kemoterapi, karena selama mengikuti kemoterapi biasanya akan diikuti dengan efek samping yang tidak enak seperti muntah-muntah.

Kta suka bingung harus makan apa sih orang itu, karena takut interaksi dengan obat,” ujar Anis Rohmasari.

Gadis kelahiran Yogyakarta 22 tahun itu lalu mengumpulkan penelitian soal nutrisi dan formulasi yang tepat mengenai makanan yang aman dikonsumsi agar sel kanker tidak mudah tumbuh.

Paling penting makanan yang dikonsumsi itu menambah sistem imunitas pasien.
“Salah satu contohnya obat hepatotoksik jadi seperti merusak hati.

Itu kita bisa menambahkan zat seperti kurkumin biasanya juga diberikan oleh dokter bentuknya suplemen,” kata Anis Rohmasari.

2 Mahasiswa UGM & Universitas Padjajaran (Unpad) meraih golden tiket ke Boston, Amerika Serikat setelah bikin aplikasi kaya manfaat
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News