Cuaca Bali Selasa (11/7): Gelombang Tinggi Masih Mengancam, Dominan Cerah Berawan

Selasa, 11 Juli 2023 – 05:57 WIB
Cuaca Bali Selasa (11/7): Gelombang Tinggi Masih Mengancam, Dominan Cerah Berawan - JPNN.com Bali
Arus lalu lintas kapal penumpang di Selat Bali yang menghubungkan Pelabuhan Gilimanuk - Ketapang. Gelombang tinggi masih mengancam perairan Bali. Foto: Ali Mustofa/JPNN.com

bali.jpnn.com, DENPASAR - Gelombang tinggi masih terjadi di perairan Bali untuk dua hari ke depan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar memperkirakan ketinggian gelombang di perairan Bali berkisar 1,25 – 4 meter pada periode 11 – 12 Juli 2023.

Menurut Kepala BMKG Wilayah III Denpasar Cahyo Nugroho, peningkatan kecepatan angin memicu ketinggian gelombang di perairan utara dan selatan Bali.

“Saat ini pergerakan angin di Bali berasal dari Benua Australia yang bergerak ke daratan Asia termasuk Bali pada peralihan ke musim kemarau,” ujar Cahyo Nugroho.

Berdasarkan data BMKG, kecepatan angin di perairan Bali utara awalnya 20 knot atau 37 km per jam, meningkat menjadi 30 knot atau 55 km per jam pada periode 11 – 12 Juli 2023.

Angin bergerak dari arah tenggara ke selatan, memicu ketinggian gelombang laut di perairan Bali utara mencapai 1,25 – 2.5 meter.

Di perairan selatan Bali, angin bergerak dari arah timur ke tenggara dengan kecepatan 24 knot atau 45 km per jam.

Kecepatan angin ini memicu ketinggian gelombang laut di perairan Selat Bali, Selat Badung, Selat Lombok dan Samudra Hindia mencapai 2,5 – 4 meter.

Prakiraan cuaca Bali Selasa hari ini (11/7): gelombang tinggi masih mengancam di perairan Pulau Dewata, dominan cerah berawan
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News