Media Asing Sorot Proyek LRT di Bali, Telan Rp 10 Triliun, Target Tuntas 2027

Minggu, 21 Mei 2023 – 19:02 WIB
Media Asing Sorot Proyek LRT di Bali, Telan Rp 10 Triliun, Target Tuntas 2027 - JPNN.com Bali
Ilustrasi kereta listrik. Bali berencana membangun jaringan kereta listrik yang akan diumumkan 2023 nanti. Foto: djka.dephub.go.id

bali.jpnn.com, DENPASAR - Proyek transportasi berkelanjutan Light Rail Transit atau LRT mendapat sorotan media asing.

Media online yang berbasis di Hong Kong, Coconut, mengupas rencana proyek transportasi yang menghubungkan Bandara Internasional Gusti Ngurah Rai dengan kawasan wisata utama di Kuta, Badung.

Media asing Coconut menyebut pemerintah pusat menyetujui proyek yang diharapkan kelar pada 2027 silam.

Mengutip pernyataan Gubernur Bali Wayan Koster, Coconut melaporkan Kementerian Perhubungan dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) telah setuju untuk mendanai dan mendukung proyek LRT tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali IGW Samsi Gunarta sebelumnya melaporkan proyek ini bakal menelan anggaran sebesar USD 671 juta atau setara Rp 10 triliun.

Proyek LRT ini merupakan kerja sama antara Pemprov Bali dengan pemerintah Korea Selatan yang akan memberikan bantuan teknis dan pendanaan melalui skema pinjaman lunak.

Berdasar studi kelayakan yang dirilis pada 2021, rute LRT akan menempuh jarak 9,46 kilometer, dengan empat pemberhentian di sepanjang jalan bandara, Central Parkir Kuta, Discovery Mall, dan Seminyak.

LRT akan berjalan di jalur yang sebagian di bawah tanah dan sebagian ditinggikan.

Media asing yang berbasis di Hongkong Coconut menyorot rencana proyek LRT di Bali, menelan anggaran Rp 10 triliun, target tuntas 2027
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News