Tak Ada KLB PD3I di Bali, Waspada Suspek Campak!

Jumat, 19 Mei 2023 – 18:49 WIB
Tak Ada KLB PD3I di Bali, Waspada Suspek Campak! - JPNN.com Bali
Ilustrasi kader posyandu mengukur tinggi badan bayi sebelum diberikan imunisasi pada kegiatan Pekan imunisasi dunia 2023. Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/rwa

bali.jpnn.com, DENPASAR - Dinas Kesehatan (Dinkes) Bali berani mengeklaim Pulau Dewata bebas Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I).

Bali bahkan salah satu provinsi yang tidak masuk kejadian luar biasa (KLB) PD31, seperti difteri, pertusis, campak dan polio.

Menurut Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinkes Bali I Gusti Ayu Raka Susanti, angka imunisasi yang tinggi menyebabkan tak ada KLB PD3I.

“Tidak ada KLB PD3I karena Bali imunisasinya tinggi.

Tidak ada solusi lain karena satu-satunya pencegahan spesifik ya imunisasi, dan terbukti kalau provinsi lain yang imunisasinya rendah sudah pasti kejadian PD3I,” kata I Gusti Ayu Raka Susanti.

Raka Susanti mengatakan pada 2022 angka imunisasi di Bali telah mencapai 100,33 persen dan pada Januari 2023 hingga April 2023 mencapai 26,56 persen.

Menurutnya, KLB PD3I menjadi perhatian Direktorat Jenderal P2P Kementerian Kesehatan yang minta daerah melakukan langkah kewaspadaan untuk mengantisipasi peningkatan kasus.

“Selama ini KLB PD3I kita di Bali bisa dikatakan belum ada, setidaknya tidak seperti provinsi lain yang ada KLB difteri, pertusis, dan polio.

Dinas Kesehatan mengeklaim tak ada KLB PD3I di Pulau Dewata, tetapi mesti mewaspadai suspek campak yang menyebar di Klungkung!
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News