Prakiraan Cuaca Bali Jumat (24/3): Bangli Hujan Lebat, BMKG Deteksi Sirkulasi Siklonik

Jumat, 24 Maret 2023 – 08:55 WIB
Prakiraan Cuaca Bali Jumat (24/3): Bangli Hujan Lebat, BMKG Deteksi Sirkulasi Siklonik - JPNN.com Bali
Ilustrasi hujan di wilayah Bali pada siang dan sore hari ini. Foto: Dok. JPNN.com

bali.jpnn.com, DENPASAR - Hujan diperkirakan masih mengguyur Provinsi Bali Jumat hari ini (24/3), meski cuaca secara umum dominan cerah berawan.

Kondisi ini terjadi setelah Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi sirkulasi siklonik di sejumlah daerah yang mempengaruhi kondisi cuaca.

Dilansir dari laman BMKG, sirkulasi siklonik terpantau di Samudra Hindia Barat Daya Lampung, Perairan Barat Kalimantan Barat, dan Samudra Hindia Selatan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Sirkulasi siklonik tersebut membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin atau konvergensi yang memanjang di perairan Barat Lampung, dari Sumatera Barat hingga Sumatera Selatan, kemudian dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Barat, dan NTB.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi.

Labilitas lokal kuat yang mendukung proses konveksi pada skala lokal terdapat di sebagian besar wilayah Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan dan sebagian besar Sulawesi, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Kondisi ini mempengaruhi prakiraan cuaca, tidak terkecuali di Pulau Bali yang diperkirakan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Wilayah Bangli diprediksi hujan lebat, sedangkan Badung bagian utara dan Jembrana hujan ringan.

Prakiraan cuaca Provinsi Bali Jumat hari ini (24/3): Bangli diprediksi hujan lebat, secara umum cuaca dominan cerah berawan
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News