PUPR Segera Uji Coba Transaksi Nontunai Nirsentuh di Tol Bali Mandara, Simak

Rabu, 22 Maret 2023 – 19:12 WIB
PUPR Segera Uji Coba Transaksi Nontunai Nirsentuh di Tol Bali Mandara, Simak - JPNN.com Bali
Tol Bali Mandara akan segera menerapkan transaksi nontunai nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF). Foto: Dok. JPNN.com

bali.jpnn.com, DENPASAR - Uji coba perdana keandalan sistem transaksi tol nontunai nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) di  Tol Bali Mandara siap dilakukan.

Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah mengatakan pihaknya perlu melihat lebih dahulu keandalan system MLFF sebelum digunakan secara menyeluruh di seluruh tol yang ada di Indonesia.

"Kita lakukan uji coba di Tol Bali Mandara terlebih dahulu," kata Zainal Fatah.

Menurut Zainal Fatah, pemilihan Tol Bali Mandara mempertimbangkan trafik lalu lintas yang relatif tidak terlalu banyak.

Zainal Fatah menyatakan Kementerian PUPR akan memulai uji coba perdana MLFF di Tol Bali Mandara pada 1 Juni 2023.

Kementerian PUPR melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menargetkan transaksi nontunai dan nirsentuh di tol akan diterapkan secara bertahap.

Pada tahap awal implementasi dimulai dengan masa transisi pada beberapa ruas jalan tol, sebagian gardu pada setiap gerbang tol masih dapat menggunakan kartu tol elektronik.

Penerapan teknologi transaksi MLFF yang akan diterapkan di jalan tol di Indonesia, nantinya memungkinkan pengendara selaku pengguna jalan tol tidak perlu lagi berhenti di gerbang tol.

Kementerian PUPR segera melakukan uji coba transaksi nontunai nirsentuh alias Multi Lane Free Flow (MLFF) di Tol Bali Mandara, simak
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News