Tol Bali Mandara Uji Coba Transaksi Nontunai Nirsentuh, Ini Waktu & Caranya

Rabu, 18 Januari 2023 – 21:19 WIB
Tol Bali Mandara Uji Coba Transaksi Nontunai Nirsentuh, Ini Waktu & Caranya - JPNN.com Bali
Tol Bali Mandara diabadikan dari udara. Foto: PT Jasamarga Bali Tol for JPNN.com

bali.jpnn.com, DENPASAR - Tol Bali Mandara (TBM) menjadi tol pertama yang akan menjalani uji coba implementasi sistem transaksi tol nontunai nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) pada 2023.

Menurut rencana, uji coba MLFF di Tol Bali Mandara akan dilakukan oleh Kementerian PUPR pada bulan Maret 2023.

Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian mengatakan implementasi MLFF akan diuji coba dahulu karena Tol Bali Mandara memiliki jarak yang pendek.

Menurut Hedy, pertimbangannya kondisi geografis Bali yang merupakan pulau, sehingga arus lalu lintas kendaraan mudah terkontrol.

Hedy Rahadian mengatakan Kementerian PUPR akan melakukan evaluasi uji coba MLFF di Tol Bali  Mandara,sebelum memperluas uji coba sistem tersebut di tol lainnya.

"Nanti kita evaluasi uji coba di Tol Bali tersebut apa saja masalah-masalahnya, setelah itu nanti baru kita perluas," ujar Hedy Rahadian.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan uji coba MLFF dilakukan secara bertahap.

Pengguna selama masa transisi bisa langsung bertransaksi melalui sistem MLFF menggunakan aplikasi tanpa melewati palang tol.

Tol Bali Mandara bakal melakukan uji coba transaksi nontunai nirsentuh pada Maret 2023, pengguna cukup mengunduh aplikasi Cantas dan melakukan registrasi
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News