BPJT: Tol Bali Mandara Uji Coba Transaksi Nontunai Nirsentuh 1 Juni 2023

Kamis, 08 Desember 2022 – 15:24 WIB
BPJT: Tol Bali Mandara Uji Coba Transaksi Nontunai Nirsentuh 1 Juni 2023 - JPNN.com Bali
Jalur Tol Bali Mandara akan menjadi salah satu fokus penataan yang dilakukan Pemprov Bali demi menyambut KTT G20 tahun 2022 di Bali. Foto: Dok. JPNN.com

bali.jpnn.com, DENPASAR - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) berencana melakukan uji coba transisi sistem transaksi tol nontunai nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) pada 1 Juni 2023 di Bali.

Uji coba dilakukan secara bertahap dengan pengguna selama masa transisi bisa langsung bertransaksi melalui sistem MLFF menggunakan aplikasi tanpa melewati palang tol.

Namun, gerbang untuk transaksi nontunai konvensional tetap beroperasi.

"Kita mulai dengan hilangkan satu gerbang dahulu di satu runs tol untuk MLFF, sementara gerbang yang lain tetap bisa digunakan untuk transaksi nontunai dengan kartu elektronik," ujar Kepala BPJT Danang Parikesit.

Dengan MLFF, sistem transaksi tol akan lebih cepat karena pengguna tidak perlu lagi berhenti untuk menempelkan kartu elektronik, sehingga dapat mengurangi antrean di gerbang tol.

MLFF juga membuat biaya operasional pengumpulan tol semakin efisien.

Ke depan untuk melintasi jalan tol, pengguna cukup mengunduh aplikasi Cantas dan melakukan registrasi, serta memastikan saldo tersedia.

“Akan ada Gantry yang akan mengawasi kendaraan di beberapa titik di ruas tol agar tidak ada pelanggaran," kata Danang Parikesit.

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT): Uji coba transaksi nontunai nirsentuh di Tol Bali Mandara mulai berlaku pada 1 Juni 2023

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News