Hari Raya Nyepi Datang, Ribuan Umat Hindu di Bali Gelar Upacara Melasti

Sabtu, 18 Maret 2023 – 14:24 WIB
Hari Raya Nyepi Datang, Ribuan Umat Hindu di Bali Gelar Upacara Melasti  - JPNN.com Bali
Umat Hindu membawa benda sakral saat upacara Melasti di Pantai Padang Galak, Denpasar, Bali, Sabtu (18/3). Upacara yang bertujuan menyucikan diri dan alam tersebut merupakan rangkaian dari Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945, Rabu nanti (22/3). Foto: ANTARA/Nyoman Hendra Wibowo/wsj.

bali.jpnn.com, DENPASAR - Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1945 segera datang.

Berdasarkan kalender Bali, Hari Raya Nyepi jatuh pada Buda Paing Uye, Rabu, 22 Maret 2022.

Menjelang hari raya, ribuan umat Hindu di Bali mengikuti upacara Melasti di Pantai Padang Galak, Denpasar.

Upacara Melasti memiliki arti atau makna yaitu nunas (meminta) tirta amerta, penyucian bhuana agung (alam semesta) dan bhuana alit dalam menyambut tahun baru saka, tepatnya pada tanggal satu sasih kadasa, yaitu Hari Raya Nyepi.

Bendesa Adat Peguyangan Ketut Sutama mengatakan upacara Melasti merupakan rangkaian Hari Raya Nyepi sebagai sarana umat untuk melakukan penyucian diri.

Upacara Melasti ini kembali diikuti oleh seluruh masyarakat setelah pada masa pandemi hanya dilakukan oleh perwakilan masyarakat.

“Jadi, umat mengambil tirta kamandalu yang ada di pantai untuk membersihkan alam dan diri kita sendiri sebelum melakukan Nyepi,” kata Ketut Sutama.

Ada kurang lebih enam ribu umat Hindu yang mengikuti upacara Melasti, Sabtu hari ini (18/3).

Hari Raya Nyepi segera datang, Rabu (22/3) mendatang, ribuan umat Hindu di Bali mulai menggelar Upacara Melasti sejak Sabtu hari ini
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News