Info Gempa Terkini: Karangasem Bali Kembali Diguncang Lindu, BMKG Merespons

Senin, 19 Desember 2022 – 13:42 WIB
Info Gempa Terkini: Karangasem Bali Kembali Diguncang Lindu, BMKG Merespons - JPNN.com Bali
Ilustrasi gempa 2.6 SR yang kembali terjadi di Karangasem pukul 14.08 WITA. Gempa ini merupakan lindu susulan setelah terjadi gempa besar dengan magnitudo 5.2 SR, Selasa malam lalu. Foto: Instagram @bmkgbali

bali.jpnn.com, DENPASAR - Gempa susulan dampak lindu bermagnitudo 5,2 skala richter (SR) yang terjadi, Selasa (13/12) lalu masih menghantui semeton Karangasem.

Hari ini dua gempa kembali terjadi di wilayah timur Pulau Bali ini.

Gempa terakhir terjadi beberapa menit lalu, tepatnya pada pukul 14.16 WITA dengan magnitude 2,6 SR.

Episentrum gempa berada pada 8.15 LS dan 115.65 BT berjarak 26 km timur laut Karangasem dengan hiposenter 10 km di bawah permukaan bumi.

Gempa yang terjadi Senin sore mengulang lindu yang terjadi pada dini hari tadi pukul 02.08 WITA dengan magnitude 2.4 SR.

Episentrum gempa berada pada 8.21 LS dan 115.58 BT berjarak 16 km timur laut Karangasem dengan kedalaman 10 km.  

Sampai pukul 08.00 WITA, BMKG mencatat terjadi gempa susulan sebanyak 116 kali, atau 117 kali dengan lindu terakhir yang terjadi pada pukul 14.16 WITA.

Berdasarkan analisis BMKG sebelumnya dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, lindu yang terjadi ini merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar naik busur belakang Flores (Flores back arc thrust).

Info Gempa Terkini: Karangasem Bali kembali diguncang gempa. Hari ini, tercatat dua kali gempa terjadi di Karangasem, BMKG langsung merespons
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News