Presiden Zelenskyy Melunak? Ukraina Tawarkan Formula Perdamaian di Bali

Selasa, 15 November 2022 – 13:59 WIB
Presiden Zelenskyy Melunak? Ukraina Tawarkan Formula Perdamaian di Bali - JPNN.com Bali
Arsip Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy saat diabadikan 27 Maret 2022. Foto: ANTARA/HO-Kepresidenan Ukraina via Reuters/as.

bali.jpnn.com, NUSA DUA - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menawarkan formula perdamaian dunia kepada para pemimpin G20 yang menghadiri acara puncak KTT di Nusa Dua, Bali.

Formula perdamaian dunia ini sebelumnya ditawarkan Ukraina saat Sidang Majelis Umum PBB pada September 2022.

“Kami mencoba menerapkan formula perdamaian untuk menyelamatkan ribuan jiwa dan melindungi dunia dari destabilisasi baru?

Itulah mengapa saya ingin menyajikan visi kami tentang jalan menuju perdamaian dan bagaimana untuk benar-benar mencapainya," ujar Presiden Zelenskyy dalam pidato virtual di depan pemimpin G20 di Nusa Dua, Bali, Selasa (15/11).

Menurut Presiden Zelenskyy, saat semua langkah antiperang dilaksanakan, keamanan dan keadilan mulai dipulihkan, pertemuan para pihak, terutama Ukraina dan Rusia harus dilakukan.

Tahap akhir, surat atau dokumen yang menandai berakhirnya perang harus ditandatangani.

"Saya tekankan bahwa setiap tantangan dalam perjalanan menuju perdamaian ini tidak memakan banyak waktu. Maksimal satu bulan untuk satu poin. Bagi sebagian (hal) cukup beberapa hari," kata Presiden Zelenskyy.

Presiden dengan latar belakang seniman ini lantas memberi contoh inisiatif ekspor biji-bijian yang ditengahi oleh PBB dan Turki sehingga Rusia dan Ukraina sepakat untuk melanjutkan perdagangan biji-bijian.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy melunak? Ukraina menawarkan formula perdamaian kepada para pemimpin G20 saat puncak KTT di Bali
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News