Jokowi Tegaskan KTT G20 Tidak Boleh Gagal, Sentil Krisis Pangan Pada 2023

Selasa, 15 November 2022 – 11:26 WIB
Jokowi Tegaskan KTT G20 Tidak Boleh Gagal, Sentil Krisis Pangan Pada 2023 - JPNN.com Bali
Presiden Joko Widodo (tengah) disaksikan Perdana Menteri India Narendra Damodardas Modi (kiri) dan Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni (kanan) membuka KTT G20 di Nusa Dua, Bali, Selasa (15/11/2022). Foto: ANTARA/Media Center G20 Indonesia

bali.jpnn.com, DENPASAR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan segala pembahasan dalam pertemuan KTT G20 tidak boleh mengalami kegagalan untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dunia.

Jokowi dalam pidato pembukaan KTT G20 sesi I yang membahas ekonomi global, ketahanan pangan dan energi mengatakan bahwa mata dunia saat ini tertuju pada pertemuan ini.

Oleh karena itu, penting pertemuan KTT G20 memberi manfaat bagi dunia.

“Apakah kita akan mencetak keberhasilan? Atau akan menambah satu lagi angka kegagalan? Buat saya, G20 harus berhasil dan tidak boleh gagal,” ujar Presiden Jokowi di The Apurva Kempinski Bali, Nusa Dua, Bali, Selasa (15/11).

Menurut Presiden Jokowi, Indonesia telah berupaya semaksimal mungkin untuk menjembatani perbedaan yang sangat dalam dan sangat lebar.

Namun, keberhasilan hanya akan dapat tercapai jika semua pemimpin dan delegasi, tanpa terkecuali, berkomitmen, bekerja keras dan menyisihkan perbedaan untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

Presiden Jokowi juga mencermati persoalan pupuk yang saat ini menjadi perhatian dunia, yakni soal pupuk.

Kepala Negara menekankan agar persoalan pupuk tidak disepelekan, karena jika tidak segera diambil langkah konkret, 2023 akan menjadi tahun yang lebih suram.

Presiden Jokowi menegaskan KTT G20 tidak boleh gagal untuk memberi manfaat bagi dunia, sentil krisis pangan pada 2023
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News