Presiden Putin Absen, Tunjuk Menlu Sergei Lavrov Wakili Rusia di KTT G20

Kamis, 10 November 2022 – 18:54 WIB
Presiden Putin Absen, Tunjuk Menlu Sergei Lavrov Wakili Rusia di KTT G20 - JPNN.com Bali
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (kanan) menyambut Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov setibanya di tempat Pertemuan Menteri Luar Negeri (FMM) G20 di Nusa Dua, Bali, Jumat lalu (8/7/2022). Foto: ANTARA/Nyoman Budhiana/rwa.

bali.jpnn.com, JAKARTA - Presiden Rusia Vladimir Putin absen menghadiri puncak KTT G20 yang akan diselenggarakan di Nusa Dua, Badung, pada 15-16 November 2022.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov bakal menggantikan posisi Presiden Putin untuk mengikuti seluruh rangkaian acara puncak KTT G20 di Bali.

"Ya, saya bisa mengonfirmasi bahwa Kepala Delegasi Rusia pada KTT G20 nanti adalah Menteri Luar Negeri Federasi Rusia Sergei Lavrov," kata salah satu diplomat di Kedutaan Besar Rusia di Jakarta pada Kamis.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyebutkan bahwa sebanyak 17 kepala negara menyatakan akan menghadiri KTT G20 di Bali.

Presiden Rusia Vladimir Putin sebelumnya diberitakan akan hadir jika kondisi memungkinkan.

Di lain sisi, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy telah menyampaikan akan berpartisipasi secara virtual.

Namun, Menko Marvest Luhut Pandjaitan akhirnya memastikan Presiden Putin batal menghadiri KTT G20.

KTT G20 tahun ini berlangsung di tengah kekhawatiran global akibat krisis pangan dan kenaikan harga energi yang sebagian disebabkan oleh perang yang masih berlangsung antara Rusia dan Ukraina.

Presiden Rusia Vladimir Putin absen, tunjuk Menlu Sergei Lavrov wakili Federasi Rusia di KTT G20 yang berlangsung di Bali
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News