Antropolog Prancis: Indonesia Layak Jadi Panutan Dunia, Sebut Peran Besar Pancasila

Senin, 07 November 2022 – 06:34 WIB
Antropolog Prancis: Indonesia Layak Jadi Panutan Dunia, Sebut Peran Besar Pancasila - JPNN.com Bali
Jean Couteau, antropolog Prancis duduk bersama Ari Dwipayana, koordinator staf khusus Presiden. Foto: ANTARA/Adi Lazuardi.

bali.jpnn.com, DENPASAR - Jean Couteau, antropolog Prancis yang lama bermukim di Bali mengatakan Indonesia sebagai pemegang tampuk Presidensi G20 dalam posisi ideal memainkan peran dalam tataran global.

Menurut Jean Couteau, Indonesia bisa memberikan manfaat dan poin lebih karena berhak menentukan tema dan agenda konferensi.

Oleh karena itu, menurutnya, Indonesia juga perlu menonjolkan kelebihan nilai-nilai yang dimiliki, terutama nilai yang terkandung di dalam dasar negara Pancasila.

Ada beberapa indikator yang dimiliki Indonesia sehingga layak untuk memimpin.

Mulai dari pertumbuhan ekonomi yang signifikan, hubungan antaragama yang harmonis, hingga nyaris tidak adanya kekerasan politik dibandingkan negara lain.

“Hal-hal itu bisa ditawarkan sebagai model ko-eksistensi (kehidupbersamaan) dalam tataran global.

Di Indonesia, praktiknya lebih menonjolkan nilai kebersamaan daripada perbedaan.

Semuanya terkandung di Pancasila, rumus yang bersifat lintas bangsa,” ujar Jean Couteau yang puluhan tahun menetap dan banyak menulis buku soal Bali itu.

Antropolog Prancis Jean Couteau yang lama bermukim di Bali dan jadi Dosen ISI Denpasar sebut Indonesia layak jadi panutan dunia, sebut peran besar Pancasila
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News