Jokowi Bisa Samai Soekarno, KTT G20 di Bali Jadi Momentum, Ini Syaratnya

Senin, 31 Oktober 2022 – 09:35 WIB
Jokowi Bisa Samai Soekarno, KTT G20 di Bali Jadi Momentum, Ini Syaratnya - JPNN.com Bali
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto: Ricardo/JPNN.com

bali.jpnn.com, JAKARTA - KTT G20 yang digelar di Bali pada pertengahan November 2022 jadi momentum bagi Indonesia sebagai negara besar.

Peneliti senior Center for Indonesian Domestic and Foreign Policy Studies (Centris) AB Solissa mengatakan momentum KTT G20 baik bagi Presiden Jokowi untuk menjadikan Indonesia negara besar di kancah global.

Oleh karena itu, peran penting ini harus bisa dimanfaatkan Presiden Jokowi dengan baik.

Menurut AB Solissa, pertemuan pemimpin-pemimpin negara KTT G20 menjadi dorongan bagi terciptanya perdamaian dunia.

"Di tengah perang yang melanda Rusia dan Ukraina serta ancaman resesi ekonomi yang diprediksi bakal terjadi di tahun depan haruslah disikapi secara bersama oleh semua pemimpin negara G20," kata AB Solissa.

Kata dia, Presiden Jokowi bisa mengambil positioning untuk mendamaikan dunia di Forum G20 dan hal yang wajar yang patut diapresiasi.

AB Solissa mengatakan sebagai pemimpin G20, Jokowi punya tanggung jawab besar untuk merekonsolidasi kekuatan G20 agar sama-sama bisa urung tangan menyelesaikan berbagai problematika yang dihadapi oleh banyak negara.

Menurut Direktur Executive Partner Politik Indonesia itu, salah satu keuntungan Indonesia dalam forum global ini adalah menganut prinsip politik luar negeri bebas aktif.

Presiden Jokowi bisa menyamai prestasi Presiden Soekarno, KTT G20 di Bali jadi momentum bagi Indonesia mendamaikan dunia, ini syaratnya
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News