NuSa Dewa Produksi Bali Lebih Unggul, Indonesia Target 2024 Setop Impor Udang

Sabtu, 29 Oktober 2022 – 12:09 WIB
NuSa Dewa Produksi Bali Lebih Unggul, Indonesia Target 2024 Setop Impor Udang - JPNN.com Bali
Menteri Kelautan dan Perikanan RI Sakti Wahyu Trenggono mengecek hasil pengembangan induk udang unggul Vaname NuSa Dewa di Karangasem, Bali, kemarin. Foto: ANTARA/HO-Dokumentasi Kementerian Kelautan dan Perikanan RI

bali.jpnn.com, AMLAPURA - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) RI Sakti Wahyu Trenggono optimistis Indonesia mampu memenuhi target produksi udang nasional sebanyak 2 juta ton pada 2024.

Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono optimistis ke depan Indonesia tidak lagi bergantung pada impor induk Udang Vaname setelah berhasil mengembangkan sendiri Induk Udang Unggul Vaname NuSa Dewa (Nusantara Sakti Dewata).

“Ini sejarah bagi Indonesia. Kita berhasil mengembangkan induk udang unggul Vaname.

Semoga ke depan kita tidak lagi impor induk, karena sudah bisa membuat sendiri,” kata Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono saat mengecek hasil pengembangan induk Udang Vaname NuSa Dewa di Balai Produksi Induk Udang Unggul dan Kekerangan (BPIU2K)  Karangasem, Bali.

Ia pun optimis Indonesia bakal menjadi pemain utama di budidaya Udang Vaname dalam lima  tahun ke depan.

Induk Udang Unggul Vaname NuSa Dewa, yang dikembangkan oleh BPIU2K Karangasem, diawali dengan program pemuliaan konvensional yang diperkaya dengan marka molekular.

Induk Udang Vaname buatan Indonesia itu memiliki sejumlah kelebihan, di antaranya tumbuh lebih cepat, lebih toleran terhadap penyakit, dan kualitasnya bersaing dengan produk induk udang dari negara lain.

Beberapa testimoni bahkan menyebutkan kelangsungan hidup (induk udang NuSa Dewa) ada yang 80 sampai dengan 90 persen.

Udang Vaname NuSa Dewa produksi BPIU2K Karangasem Bali diyakini lebih unggul dibanding jenis lainnya, Indonesia target 2024 setop impor udang
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News