Jembrana Target Jadi Sentra Udang Vaname di Indonesia, Seluruh Parameter Terpenuhi

Minggu, 24 Oktober 2021 – 10:41 WIB
Jembrana Target Jadi Sentra Udang Vaname di Indonesia, Seluruh Parameter Terpenuhi - JPNN.com Bali
Ilustrasi tambak udang. Foto: Antara/Naufal Fikri Yusuf

bali.jpnn.com, JEMBRANA - Bupati I Nengah Tamba memasang target menjadikan Kabupaten Jembrana sebagai sentra udang vaname di Indonesia untuk beberapa tahun ke depan.

Bupati Tamba tertarik mengembangkan wilayahnya jadi sentra udang vaname setelah menghadiri acara panen di Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP) di Situbondo, Jawa Timur.

"Kami akan memberikan dukungan penuh, agar sistem budidaya udang dengan teknologi terbaru ini bisa dikembangkan di Kabupaten Jembrana," kata Bupati Tamba.

Politisi Demokrat ini juga ingin memenuhi perintah Gubernur Wayan Koster agar 50 persen produksi udang di provinsi Bali dipasok dari Kabupaten Jembrana.

Budidaya udang berbasis teknologi ini merupakan penemuan Dr Joe dari Elon Research Center Lovina Bali bersama Dr Wendi Tri Prabowo, peneliti di BPBAP Situbondo.

Pengembangan udang vaname dengan sistem Ultra Intensive Aquagriculture Technology, selain dilakukan di Situbondo, juga ada di kawasan Lovina, Buleleng, Bali.

"Untuk Kabupaten Jembrana, saat ini sudah dibangun 90 kolam, dengan masing-masing diameter 30 meter," ujar Bupati Tamba.

Menurutnya, dengan sistem tersebut, kepadatan tebar udang vaname bisa mencapai 2.000 ekor permeter kubik, dengan panen 80 ton perhektare pada usia 50 hari.

Bupati Jembrana Nengah Tamba pasang target wilayahnya jadi sentra udang vaname di Indonesia. Apalagi seluruh parameter telah terpenuhi